Awas! Kalteng Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin-Petir

id BMKG palangka raya, hujan, angin-petir, Lian Adriani,

Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Lian Adriani. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tjilik Riwut Palangka Raya mengimbau masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya bagian utara dan timur untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir.

"Saat ini kondisi dalam tiga hari ke depan, untuk wilayah Kalteng bagian utara dan timur berpotensi untuk terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang dan sambaran petir. Ini yang harus diwaspadai terkait kondisi cuaca di Kalteng," kata Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Lian Adriani, Jumat.

Meski demikian, lanjut Lian, untuk bagian lain di wilayah Kalimantan Tengah, selama tiga hari ke depan juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Pihak BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya melalui laman resmi di bmkgpalangkaraya.info juga telah memberikan peringatan dini.

Peringatan tersebut menyatakan agar warga mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah. Serta waspada angin kencang di wilayah pesisir Kalimantan Tengah.

Selanjutnya, wanita berhijab tersebut menerangkan, diantara tanda-tanda turunnya hujan lebat disertai angin dan petir, maka sebelum itu akan terlihat awan hitam di langit disertai hembusan angin yang terus bertambah kencang.

Jika melihat tanda-tanda tersebut, masyarakat diimbau untuk menjauhi pohon-pohon besar maupun papan-papan reklame karena dikhawatirkan akan tumbang tertiup angin maupun tersambar petir.

"Untuk masyarakat yang berada di daerah aliran sungai kami juga meminta untuk mewaspadai naiknya tinggi permukaan air sungai mengingat intensitas hujan wilayah hulu sungai di Kalimantan Tengah cukup tinggi," katanya.



Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar