Narkoba Masalah Yang Sangat Memprihatinkan di Barsel

id wabup barsel, narkoba

Narkoba Masalah Yang Sangat Memprihatinkan di Barsel

Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Satya Titiek Atyani Djoedir mengatakan penyalahgunaan narkoba menjadi masalah yang sangat memprihatinkan.

"Penyalahgunaan narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memprihatinkan, karena ada kecenderungan semakin meningkat," katanya, di Buntok, Jum?at.

Ia mengatakan, penyalahgunaan narkoba tersebut merupakan masalah bersama, baik bagi pemerintah daerah maupun seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah setempat.

"Untuk itu, diperlukan strategi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat agar bersama-sama berkomitmen melaksanakan pencegahannya terutama kepada generasi muda," ujar Satya Titiek Atyani Djoedir yang juga ketua Satgas Anti Narkoba Barsel itu.

Menurut dia, terkait hal itu pemerintah daerah telah membentuk Satuan Tugas Anti Narkoba yang tugasnya antara lain meningkatkan fungsi institusi dengan peningkatan kualitas SDM, serta sarana, dan prasarana dalam pencegahan narkoba.

"Menegakkan supremasi hukum dalam rangka pengawasan, pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba, serta meningkatkan kualitas sistem informasi narkoba," ucap dia.

Selain itu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui lembaga keagamaan, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa, dan pemuda.

Termasuk melaksanakan dan meningkatkan kualitas terapi, dan rehabilitas bagi pecandu narkoba serta melaksanakan sosialisasi, dan penyuluhan terhadap penyalahgunaan narkoba secara berkesinambungan.