Di RSUD Tamiang Layang, Wabup Bartim Jenguk Kakek Warga Amuntai

id wabup bartim, rsud tamiang layang, amuntai

Di RSUD Tamiang Layang, Wabup Bartim Jenguk Kakek Warga Amuntai

Wabup Bartim H suriansyah saat mengunjungi Kakek Abdul yang berbaring di atas kasur ruang isolasi klas III RSUD Tamiang Layang, Sabtu. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Bartim H Suriansyah SKM menjenguk salah satu warga Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel yang memiliki nama Abdul atau disapak Kakek Abdul (76) yang berbaring sebatang kara diruang isolasi klas III di RSUD Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah sejak 29 Agustus 2015.

"Sejak 2015, beliau ini dirawat di ruang ini dan biaya pengobatannya dari Pemerintah Bartim," kata H Suriansyah kepada Antara Kalteng, Sabtu. 

Menurut pria yang akrab dipanggil H Surian itu, Kakek Abdul merupakan warga Amuntai yang ditemukan warga dalam kondisi sakit di Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah. 

Kala itu, Kakek Abdul sedang sakit stroke ditemukan warga dan dibawa ke Puskesmas Ampah dan kemudian dirujuk ke RSUD Tamiang Layang.

Dengan mendapatkan perawatan kesehatan secara rutin, Kakek Abdul pulih dari stroke. Namun ia menderita kekurangan daya penglihatan alias rabun.

Selama di rumah sakit, Kakek Abdul bisa berdiri dan berjalan. Ketika berbaring diatas ranjang, Ia ditemani selang yang tersambung ke botol air untuk minum. 

Namun jika lapar, kakek Abdul berteriak memanggil perawat.

"Sedangkan untuk ke kamar kecil, pak Abdul bisa berjalan sendiri karena sudah terbiasa dan hafal arah kamar kecil," ungkap perawat yang menjaga menyampaikan cerita ke Wabup Bartim. 

Menurut H Surian lagi, sebenarnya Kakek Abdul ingin berkumpul lagi dengan keluarga di Amuntai. Pernah diantar pihak Dinas Sosial Bartim ke alamat yang disampaikan, namun ketika sampai di Amuntai, tidak seorang pun mengaku kenal dan tidak ada yang tahu sanak keluarga kakek yang sudah berusia senja itu.

"Akhirnya diambil keputuskan untuk dirawat di RSUD Tamiang Layang. Sebab kalau dibiarkan bebas tanpa ada yang mengurusi, kakek Abdul ini bisa sakit," kata Wabup Bartim yang masih mengenakan rompi PMI.

"Kami juga berharap pihak keluarga kakek Abdul ini bisa menerimanya dalam kondisi tubuh sehat seperti saat ini," demikian Surian.