DPRD Palangka Raya Minta Pemkot Tingkatkan Kinerja

id DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra, SOPD, pelayanan publik

DPRD Palangka Raya Minta Pemkot Tingkatkan Kinerja

Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra mengajak pemerintah kota setempat berkomitmen untuk meningkatkan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik.

"Semua hal yang ada di Palangka Raya sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah menjadi barometer oleh pemerintah lain di Kalteng, termasuk dari segi kinerjanya. Untuk itu saya minta Pemkot berkomitmen tahun depan kinerjanya harus lebih baik dari tahun ini," kata Beta yang juga Ketua DPD PAN di Palangka Raya, Minggu.

"Sebagai daerah yang menjadi barometer maka seharusnya capaian kinerja kita berada di atas yang lain. Masa kita sampai kalah dari daerah lain," ucapnya.

Untuk itu, dia meminta Pemerintah Palangka Raya, menindak lanjuti evaluasi dan kekurangan yang terdapat pada penilaian kinerja pemerintahan.

Pihaknya juga mendorong kepala dinas dan kepala badan selaku pimpinan di masing-masing instansi pemerintah kota memiliki visi dan misi kerja yang jelas serta memberi contoh dan teladan yang baik bagi pegawainya.

Selain itu, pengisian SAKIP/LAKIP juga diminta ditingkatkan mengingat selama ini pemanfaatan program terobosan pemerintah kota itu belum maksimal.

Segala bentuk kegiatan administrasi seperti pelaporan keuangan dan pelaporan pelaksanaan program kerja juga harus ditingkatkan karena hasil penilaian terhadap kinerja tak lepas dari kualita pencatatan yang dilakukan.

"Kami berharap agar kualuras SDM ini terus ditingkatkan. Selain itu juga adanya perlu penguatan sistim baik secara kelembagaan maupun terkait sarana dan prasarana penunjang tata kelola pemerintahan," katanya.