KPU : Berkas 4 Calon Perseorangan Penuhi Syarat

id KPU Kota Palangka Raya, Harmain Ibrohim, Calon Perseorangan

KPU : Berkas 4 Calon Perseorangan Penuhi Syarat

Anggota KPU Palangka Raya, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Harmain Ibrohim. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menyatakan bahwa keempat pasangan bakal calon jalur perseorangan yang pada Sabtu (25/11) lalu menyerahkan berkas dukungan telah dinyatakan lolos jumlah minimal dan sebaran sehingga dapat dilanjutkan pada proses selanjutnya.

"Bahasanya adalah sudah dihitung jumlah minimal dukungan dan sebarannya. Empat bakal pasangan calon tersebut sudah terpenuhi jumlah minimal sebanyak 19.700 dan syarat sebaran dukungan yang harus memcakup tiga kecamatan dari lima kecamatan di Palangka Raya" kata Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Harmain Ibrohim, Minggu.

Keempat pasang bakal calon perseorangan tersebut ialah pasangan Rusliansyah-Rogas Usup, Yuliustri-Munir, Nampung-Budi Santoso dan pasangan Dagut Djunas-Fitriadi Yusuf.

Hasil perhitungan KPU Palangka Raya, berkas dukungan Pasangan Ruslianyah-Rogas Usup dari klaim sebelumnya yang mencapai 32 ribu tercatat KPU menjadi 31.377 dukungan.

Kemudian dari pasangan Yulistri-Munir klaim sebelumnya 28.511 menjadi 28.382, pasangan Nampung-Budi Santoso dari 25.800 menjadi 25.222 dan terakhir pasangan Dagut Djunas-Fitriadi Yusuf dari 24.611 menjadi 22.074 dukungan yang dikuatkan dengan fotokopi KTP Elektronik dan/atau siak.

Keempat pasangan tersebut juga telah diberikan tanda terima berkas. Selanjutnya pada 25 November sampai 8 Desember KPU akan melakukan penelitian administrasi terhadap berkas keempat calon tersebut.

"Sedangkan penelitian faktual di tingkat PPS di kelurahan dijadwalkan pada 12-25 Desember," kata anggota KPU Palangka Raya Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat ini.

Saat ini KPU "Kota Cantik" Palangka Raya juga masih menunggu penyerahan berkas dukungan dua pasang bakal calon jalur perseorangan lainnya yang selama ini telah intens berkoordinasi dengan pihak KPU kota.

Keduanya ialah pasangan Rizky Mahendra-Daryana dan Herminson I Nahan-Tamlinor. Informasi sementara pasangan Rizky-Daryana akan menyerahkan berkas pada Selasa (28/11), sementara pasangan Herminson I Nahan-Tamlinor belum ada kejelasan waktu penyerahan.