Perusahaan Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan

id Pemkab Barsel, Buntok, bupati barsel, eddy raya samsuri, Perusahaan Wajib Lapor Lowongan Kerja, kadin kalteng

Perusahaan Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan

Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri saat diwawancarai usai kegiatan sosialisasi Keppres Nomor 4/1980, di Buntok, Senin (27/11/17). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi Keputusan Presiden Nomor 4/1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan kepada perusahaan yang berinvestasi di daerah itu.

"Tujuan dari sosialisasi Keppres ini untuk memberikan pemahaman kepada perusahaan agar menjalankan aturan dalam bidang ketenagakerjaan," kata Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri usai membuka kegiatan tersebut di Buntok, Senin.

Tujuan sosialisasi tersebut, lanjut dia, agar pihak perusahaan yang berinvestasi di wilayah Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini bisa menjalankan peraturan tersebut dengan baik dan benar.

"Pelaporan lowongan pekerjaan di perusahaan itu merupakan langkah monitoring pemerintah terkait dengan angka pencari kerja, dan angkatan kerja yang terserap," ujar Bupati.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi Keppres Nomor 4/1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan dan UU Nomor 13/2003 tersebut ke setiap perusahaan yang beroperasi di daerah ini.

"Hal itu dilakukan untuk mempermudah dalam penyebaran informasi kepada para pencari kerja, sehingga calon tenaga kerja daerah ini bisa mengetahuinya," kata Eddy Raya Samsuri.

Ia mengatakan, dalam perekrutan tenaga kerja, dirinya meminta agar pihak perusahaan yang berinvestasi di wilayah setempat agar memprioritaskan masyarakat yang berada dienam kecamatan di daerah ini.

Bagi perusahaan yang tidak melaporkan lowongan kerja lanjut dia, maka pihaknya akan melakukan pemanggilan, agar mematuhi Keppres No.4 Tahun 1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan itu.

Acara sosialisasi Keputusan Presiden Nomor 4/1980 yang berlangsung di aula kantor Bupati Barsel itu dihadiri sejumlah manajemen perusahaan yang berinvestasi di wilayah setempat.