Bupati Prioritas Program Barsel Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

id Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, Meningkatkan Pendapatan Masyarakat

Bupati Prioritas Program Barsel Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

Ratusan siswa SMK ikuti kegiatan Kadin Goes To School, di Buntok, Senin (27/11) (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan berbagai program pembangunan di daerahnya menempatkan prioritas perekonomian dengan peningkatan pendapatan masyarakat yang masih rendah.

"Permasalahan Barsel itu dimana tingkat ekonomi masih rendah yang tergambar dari rendahnya pendapatan masyarakat," katanya saat membuka kegiatan "Kadin Goes To School" di Buntok, Senin.

Kemudian lanjut dia, sumber daya manusia (SDM) yang secara kualitas masih belum merata sehingga produktivitasnya rendah, lantaran belum meratanya pemenuhan sarana, dan prasarana, serta jangkauan pendidikan.

"Begitu juga dengan fasilitas, dan tenaga kesehatan juga masih belum memadai sehingga sistem pelayanannya belum terpenuhi, dan berpengaruh pada derajat kesehatan masyarakat terutama di wilayah pedesaan," ucap dia.

Demikian halnya dalam bidang pertanian, dan infrastruktur, serta prasarana bidang lainnya seperti komunikasi, informasi, dan energi juga masih terbatas sehingga berpengaruh pada upaya masyarakat dalam meningkatkan ekonomi.

Permasalahan lainnya yakni pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang masih belum memperhatikan kualitas lingkungan, serta eksploitasi terhadap SDA yang juga belum memikirkan kontinuitas, dan kesinambungan bagi generasi yang akan datang.

"Manfaat pengelolaan SDA itu sendiri secara ekonomi masih belum secara signifikan dirasakan oleh masyarakat sekitar," tambah Bupati.

Sedangkan dalam birokrasi sebagai penggerak administrasi pembangunan menjadi permasalahan tersendiri yakni terkait dengan kualitas, orientasi pelayanan, semangat bekerja, serta keinginan untuk terus mengembangkan potensi diri.

Oleh karena itu kedepannya dirinya bersama dengan Wakil Bupati beserta seluruh jajaran perangkat daerah akan berupaya untuk mencarikan solusi atas berbagai permasalahan tersebut, dan menindaklanjutinya dengan langkah konkrit dilapangan.

"Untuk solusi awal dalam mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi itu melalui percepatan pembangunan infrastruktur," ujar Eddy Raya Samsuri.

Bila infrastruktur terbangun dengan baik kata dia, maka akan memancing pergerakan manusia, dan barang yang akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat kabupaten setempat.