Kadin Ambil Bagian Pengembangan Pariwisata Kotim

id Kadin Kotawaringin Timur, Susilo, Pariwisata

Kadin Ambil Bagian Pengembangan Pariwisata Kotim

Peserta dari berbagai daerah berfoto dengan latar promosi Sampit Kota Wisata di arena Bulan Bakti Karang Taruna V Kalimantan Tengah di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, Selasa (28/11/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mendukung Ddan ikut ambil bagian dalam langkah pemerintah daerah mengembangkan sektor pariwisata yang potensinya sangat besar.

"Kami ingin Kotim menjadi satu-satunya kabupaten sebagai barometer kota wisata di Kalimantan Tengah," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo di Sampit, Selasa.

Kotawaringin Timur memiliki potensi wisata yang sangat besar dan lengkap. Selain potensi wisata alam berupa pantai, sungai dan hutan, juga ada potensi wisata kuliner, hiburan, edukasi dan potensi lainnya.

Susilo menilai, langkah pemerintah daerah mengembangkan pariwisata sudah tepat. Sektor ini diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kadin berharap sarana objek-objek wisata dibangun dengan perencanaan yang matang. Seperti pengembangan wisata "water front city" di bantaran Sungai Mentaya, khususnya di kawasan ikon Jelawat, sangat bagus untuk direalisasikan dengan mengutamakan kebersihan.

Kadin siap membantu menjual potensi Kotawaringin Timur sebagai kota wisata. Bahkan itu sudah dilakukan Kadin dalam setiap kegiatan di tingkat nasional dengan memaparkan potensi sumber daya alam serta kota wisatanya.

"Presiden menginstruksikan Kadin pusat hingga daerah untuk bisa memacu serta bermitra dengan pemerintah sebagai regulasinya dalam mengembangkan sektor pariwisata. Kadin sebagai wadah dan komunikasi seluruh "stakeholder" dan tempat pengusaha berkumpul, menjadi wadah strategis membantu daerah," kata Susilo.

Kadin terus membantu mempromosikan potensi investasi dan pariwisata Kotawaringin Timur. Selain mempromosikan melalui berbagai kegiatan di tingkat nasional dan internasional, Kadin juga mengajak pengusaha nasional untuk datang langsung ke Sampit melihat potensi daerah ini.

Akhir pekan ini, Kadin kedatangan sejumlah pengusaha nasional yang ingin melihat potensi investasi Kotawaringin Timur. Susilo berharap ini akan membawa dampak positif terhadap investasi di kabupaten ini.