Pemkab Seruyan Prioritaskan Akses Jalan Pelabuhan Segintung

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Pelabuhan Segintung

Pemkab Seruyan Prioritaskan Akses Jalan Pelabuhan Segintung

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, memprioritaskan penyelesaian ruas jalan menuju Pelabuhan Samudera Teluk Segintung untuk mempercepat operasional pelabuhan tersebut.

"Penanganan jalan menuju Pelabuhan Segintung merupakan salah satu prioritas Pemkab Seruyan karena kami ingin pelabuhan itu bisa lebih cepat beroperasi," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menjelaskan, Kementerian Perhubungan telah menunda rencana pengoperasian Pelabuhan Segintung yang semula tahun 2016 menjadi 2018. Hal itu untuk memberi kesempatan kepada Pemkab untuk melengkapi berbagai fasilitas penunjang termasuk mempersiapkan akses jalan menuju Pelabuhan Segintung.

"Anggaran untuk peningkatan akses jalan menuju Pelabuhan Segintung sepanjang 17 kilometer dari Kuala Pembuang akan dialokasikan pada 2018," katanya.

Ia mengatakan, Pelabuhan Segintung yang menghadap langsung ke Laut Jawa sudah layak untuk dioperasionalkan, terutama untuk aktivitas bongkar muat barang.

Sejauh ini beberapa fasilitas di pelabuhan yang menghadap Laut Jawa itu sudah selesai dibangun, seperti trestle sepanjang 1.400 meter, dermaga bongkar muat, terminal peti kemas, serta kantor pelabuhan.

"Sebenarnya Pelabuhan Segintung sudah siap operasional dengan catatan akses jalan juga harus sudah siap, karena itu kami berupaya agar akses jalan menuju pelabuhan bisa diselesaikan secepatnya," katanya.

Sementara, Pelaksana Harian Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Pembuang Abdullah menyebutkan, tahun ini Kementerian Perhubungan telah mengucurkan Rp9,2 miliar untuk pembangunan sisi darat Pelabuhan Segintung, yakni untuk pembangunan terminal penumpang, akses jalan dalam pelabuhan, saluran air, pos, serta plang nama pelabuhan.

"Itu untuk mendorong percepatan operasional pelabuhan yang bakal menjadi pintu masuk Kalteng melalui jalur laut karena sesuai dengan target Pelabuhan Segintung harus sudah dapat dioperasionalkan pada 2018," katanya.

Menurutnya, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan, Pelabuhan Segintung sudah layak untuk dioperasionalkan, dan beberapa kali hasil uji coba kapal bisa sandar di pelabuhan tanpa menemui kendala apa pun.

"Beberapa kali kami coba kapal sandar, dan tidak ada masalah, artinya Pelabuhan Segintung siap operasional," katanya.