Bupati Seruyan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

id Pemkab seruyan, Bupati Seruyan, Sudarsono, gemar makan ikan, Bupati Seruyan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan, Hari Ikan Nasional

Bupati Seruyan Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Bupati Seruyan Sudarsono. (Instagram.com/protokol_komunikasi_seruyan)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono mengajak masyarakat di daerah ini terutama anak-anak agar gemar makan ikan.

"Ikan mengandung protein yang tinggi. Jadi sangat baik dikonsumsi terutama pada masa pertumbuhan anak sehingga melahirkan generasi Seruyan yang sehat, cerdas, dan kuat," katanya saat membuka peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2017 di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan, tingkat kecukupan ikan di Seruyan sangat baik. Bahkan untuk mendapatkan ikan sebagai sumber makanan di Seruyan relatif sangat mudah. Baik itu ikan laut maupun ikan sungai.

Dari data yang ada, Seruyan merupakan salah satu kabupaten dengan potensi perikanan terbesar di Kalteng dengan produksi perikanan lebih dari 20 ribu ton per tahun untuk ikan hasil tangkapan maupun ikan hasil budidaya.

Selain dengan membeli di pasar, ikan juga dapat dengan mudah didapat seperti di sekitar pantai, sungai atau rawa-rawa dekat lingkungan masyarakat tinggal.

"Jadi dengan potensi ikan yang melimpah, maka masyarakat Seruyan sebenarnya dapat dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan, dan tidak ada alasan pula bagi masyarakat untuk malas mengonsumsi ikan sehari-hari," katanya.

Ia menambahkan, ajakan untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat telah dilakukan Pemkab Seruyan dalam berbagai kegiatan, salah satunya dengan mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ke sekolah-sekolah.

"Termasuk juga pemberian Makanan Tambahan bagi Anak Sekolah (PMTAS) berupa makanan berbahan ikan," katanya.

Ia mengharapkan, melalui Gemarikan dan PMTAS dapat mendorong terwujudnya keanekaragaman pangan berbahan baku ikan yang berdampak pada kekuatan dan kecerdasan masyarakat, serta makin banyak masyarakat yang mengonsumsi ikan sehari-hari dalam keluarga.

"Kita juga berharap dengan memperingati Harkannas ini masyarakat Seruyan bisa lebih meningkatkan konsumsi ikan dan makan ikan bisa menjadi budaya, terutama bagi anak-anaknya agar melahirkan sumber daya manusia yang sehat dan cerdas," katanya.