Dinas PUPR Bartim Optimis Penyerapan Anggaran Terealisasi 100 Persen

id dinas PUPR bartim, Alex Sangkurun ST, serapan anggaran

Dinas PUPR Bartim Optimis Penyerapan Anggaran Terealisasi 100 Persen

Kadis PUPR Bartim Alex Sangkurun ST saat melakukan penandatangan berkas untuk proses pembayaran pekerjaan peningkatan jalan di wilayah Barin untuk diteruskan ke DPKA Bartim, Kamis. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Alex Sangkurun ST menyatakan optimis bahwa realisasi anggaran pada dinas yang dipimpinnya saat ini akan terealisasi 100 persen di triwulan IV ini.

"Kita optimis penyerapan anggaran terealisasi secara optimal di akhir tahun pada triwulan IV ini," katanya di kantornya, Kamis.

Menurutnya, untuk proyek pekerjaan dibawah Rp1 miliar telah dilakukan pembayaran. Sedangkan proyek pekerjaan dengan nilai Rp1 miliar ke atas telah dalam tahapan pekerjaan, dimana kemajuan fisik pekerjaan mencapai 70 persen.

Jika dalam beberapa hari kedepan dilakukan pengaspalan, maka kemajuan fisik pekerjaan mencapai 100 persen dan akan langsung dilaksanakan pemeriksaan pekerjaan untuk proses pembayaran pekerjaan.

Alex mengakui keterlambatan penyerapan anggaran dikarenakan beberapa faktor, diantaranya pihak rekanan yang tidak mengambil uang muka atau termen dalam tiap pekerjaan.

Selain itu, keterlambatan pelaporan kemajuan fisik pekerjaan untuk proses pembayaran oleh pihak rekanan sendiri.

"Walaupun demikian, kami tetap yakin dan optimis, penyerapan anggaran bisa terealisasi. Dan pada awal Desember ini, proses pembayaran pekerjaan segera diajukan ke Dinas Pengelola Keuangan dan Aset," katanya.

Dari anggaran Dinas PUPR sebesar Rp118 miliar, ada peningkatan jalan dengan pengaspalan dengan panjang lebih kurang 75 kilometer yang tersebar pada 10 Kecamatan se Bartim.

Alex juga menegaskan, pihaknya juga tetap konsisten untuk melanjutkan dan menuntaskan peningkatan infrastruktur jalan pada tahun 2018. Terutama peningkatan jalan poros antar kecamatan dan desa yang belum tersentuh, sebagaimana visi - misi Pemerintah Kabupaten Bartim.