Pemilih Pemula di Seruyan Capai 19.204 Orang

id Disdukcapil Seruyan, Mansyur Ibrahim, Pemilih Pemula

Pemilih Pemula di Seruyan Capai 19.204 Orang

Ilustrasi, Logo Seruyan (kesbangseruyan.blogspot.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemilih pemula di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah yang akan menyalurkan hak suara pertama kalinya pada Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019 tercatat sebanyak 19.204 orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Seruyan Mansyur Ibrahim di Kuala Pembuang, Minggu, mengatakan, jumlah itu tersebar di sepuluh kecamatan yang ada di Seruyan.

"Calon pemilih pemula yang jatuh tempo umur 17 tahun per tanggal 17 April 2019 termasuk anak sekolah dan mereka yang tidak sekolah tetapi sudah mempunyai hak untuk memilih," katanya.

Ia merincikan, jumlah pemilih pemula di Kecamatan Seruyan Hilir sebanyak 2.737 orang, Kecamatan Danau Sembuluh 1.397 orang, Kecamatan Hanau 2.732 orang, Kecamatan Seruyan Hulu 2.120 orang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur 757 orang, Kecamatan Seruyan Raya 2.396 orang, Kecamatan Batu Ampar 1.165 orang, Kecamatan Suling Tambun 564 orang.

"Adapun pemilih pemula terbanyak di Kecamatan Seruyan Tengah sebanyak 3.118 orang," katanya.

Ia menambahkan, meski sudah mendata pemilih pemula Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif pada 2019, Disdukcapil masih belum mengetahui dari jumlah pemilih pemula tersebut yang dapat mengunakan hak suara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Seruyan pada Juni 2018.

"Saat ini Dukcapil masih mengolah untuk data calon pemilih pemula pada Pilkada Seruyan 2018," katanya.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seruyan Agus Sukron Ma`mun mengharapkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 di "Bumi Gawi Hatantiring" dapat meningkat dibanding sebelumnya.

Berdasarkan catatan KPU, tingkat partisipasi masyarakat pemilih di Seruyan tergolong cukup rendah, seperti pada Pilkada 2013 tingkat partisipasi pemilih hanya 69 persen dari jumlah daftar pemilih tetap yang mencapai 100 ribu orang lebih.

Pihak KPU terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dengan melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan, termasuk sosialisasi pemilih pemula ke sekolah-sekolah.

"Kami mengimbau masyarakat agar ikut berpartisipasi dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya. Termasuk bagi pemilih pemula yang nantinya mempunyai hak pilih dalam Pilkada Seruyan pada Juni 2018," katanya.