Mana Yang Lebih Pintar, Kucing atau Anjing?

id kucing, anjing, peneliti

Kucing. (FOTO ANTARA/Ari B Sucipto)

Jakarta (Antara Kalteng) - Para peneliti dari Vanderbilt University menemukan anjing, ternyata memiliki sekitar 530 juta neuron kortikal. Sementara kucing memiliki kurang dari setengahnya, yakni 250 juta (Manusia memiliki sekitar 16 miliar)

Anjing peliharaan Anda mungkin sesekali mengunyah sepatu Anda, atau mengencingi karpet di rumah. Namun, ternyata dia lebih pintar ketimbang kucing menurut sebuah studi yang akan dipublikasikan di jurnal Frontiers in Neuroanatomy. 

"Saya percaya jumlah mutlak neuron yang dimiliki hewan, terutama di korteks serebral, menentukan keadaan mental internal mereka dan kemampuan mereka untuk memprediksi apa yang akan terjadi di lingkungan mereka berdasarkan pengalaman masa lalu," kata Suzana Herculano-Houzel , profesor psikologi dan ilmu biologi di Vanderbilt.

Peneliti juga mencatat bahwa ukuran fisik otak tidak berhubungan dengan kecerdasan secara keseluruhan. 

Sebagai contoh, otak beruang coklat 10 kali lebih besar dari kucing, tetapi memiliki jumlah neuron yang hampir sama. Rakun juga setara dengan kucing soal kecerdasan. 

Terlepas dari temuan tersebut, Herculano-Houzel sendiri mengakui bahwa ada sedikit bias.

"Temuan kami menunjukkan bahwa anjing memiliki kemampuan biologis untuk melakukan hal yang jauh lebih kompleks dan fleksibel dengan kehidupan mereka ketimbang kucing," kata dia seperti dilansir laman Health.com. 

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar