Kalteng Tuan Rumah Duta Wisata Indonesia 2018

id Kalteng Duta Wisata Indonesia 2018, kalimantan tengah, Guntur Talajan, Disbudpar Kalteng, Assa Watari Joan

Kalteng Tuan Rumah Duta Wisata Indonesia 2018

Assa Watari Joan, Putri Pariwisata dari Kabupaten Barito Selatan. (Foto Facebook Assa Watari Joan)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Guntur Talajan mengatakan Kalteng akan menjadi tuan rumah pergelaran pemilihan Duta Wisata Indonesia 2018.

"Tahun depan, 2018 Kalteng terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan nasional pemilihan duta wisata Indonesia," kata Guntur dikonfirmasi dari Palangka Raya, Senin.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kalteng ini menerangkan, terpilihnya provinsi berjuluk "Bumi Pancasila, Bumi Tambun Bungai" ini ditandai dengan penyerahan pataka tanda penetapan perhelatan nasional tersebut.

Penyerahan pataka tersebut dilaksanakan dalam rangkaian acara puncak penetapan pemenang pemilihan duta wisata Indonesia di Kupang, NTT pada Sabtu (2/12) malam.

"Dalam kesempatan tersebut, jagau (putra) dan bawi (putri) dari Kalteng berhasil mendapat juara tiga tingkat nasional," kata Guntur.

Jagau dan bawi tersebut bernama Assa dan Eza. Keduanya berhasil menyisihkan sejumlah pesaingnya dari perwakilan putra-putri pariwisata dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Dalam event itu, jagau dan bawi Kalteng ini harus menjalani karantina selama seminggu di Kupang," katanya.

Selama perhelatan tahunan tingkat nasional tersebut, putra-putri pariwisata Kalteng juga menampilkan sejumlah seni, adat dan budaya di provinsi yang juga dikenal dengan nama "central of borneo" ini.

Hasil ini, menurut Guntur, sangat membanggakan masyarakat Kalimantan Tengah. Terlebih lagi, selama sepuluh tahun terakhir baru tahun ini utusan Kalteng mendapat juara tiga nasional.

"Hasil ini tak lepas dari kerja keras mentor dan pendamping dari Budpar Kalteng selama dua minggu di TC. Selaku Kadis bangga dan terharu. Ini juga sebagai kado akhir tahun dari kami untuk pak gubernur dan seluruh masyarakat Kalteng," katanya.