Gubernur Kalteng Perintahkan Suhaemi Pimpin PMI Kalteng

id Ketua PMI Kalteng, Suhaemi, PMI Kalteng, PMI Kota Palangka Raya, H Rusliansyah, Gubernur Kalteng Perintahkan Suhaemi Pimpin PMI Kalteng

Gubernur Kalteng Perintahkan Suhaemi Pimpin PMI Kalteng

Ketua PMI Kalteng periode 2017-2022, Suhaemi (kanan) dan Ketua PMI Kota Palangka Raya, H Rusliansyah saat kegiatan Musyawarah Provinsi ke-VI PMI Kalteng di Palangka Raya, Selasa (5/12/17). (Foto Antara Kalteng/Rachmat Hidayat)

...majunya Suhaemi sebagai Ketua PMI Kalteng merupakan perintah langsung Gubernur Kalteng, sehingga langkah untuk memajukan organisasi kemanusiaan ini semakin optimal dikemudian hari.
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Palang Merah Indonesia Kalimantan Tengah periode 2017-2022 sekaligus Kepala Dinas Sosial Kalteng, Suhaemi menegaskan akan mengoptimalkan peran swasta dalam memperbaiki serta meningkatkan sarana dan prasarana PMI setempat.

Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemprov Kalteng juga akan diminta turut mendukung berbagai program yang akan dilaksanakan, kata Suhaemi usai Musyawarah Provinsi ke-VI PMI Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

"PMI bukan organisasi bisnis melainkan organisasi kemanusiaan sekaligus mitra Pemerintah. Jadi, keterlibatan dan dukungan semua pihak, khususnya perusahaan swasta dan SOPD sangat diperlukan dalam mensukseskan program yang akan dilaksanakan," tambahnya.

Dia pun memastikan berbagai bantuan pendanaan yang nantinya diterima PMI Kalteng akan dilaporkan serta disampaikan secara terbuka dan siap diaudit pihak manapun. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa bahwa PMI Kalteng transparan dan akuntabilitas.

"Saya berterima kasih telah dipercaya PMI Kabupaten/Kota se-Kalteng memimpin PMI Kalteng. Setelah ini, saya akan melapor dan meminta petunjuk serta mohon bimbingan Gubernur Sugianto Sabran dalam memimpin dan memajukan PMI Kalteng," kata Suhaemi.



Sementara itu Ketua PMI Kota Palangka Raya, H Rusliansyah mengaku terpilihnya Suhaemi sebagai Ketua PMI Kalteng merupakan hal yang luarbiasa. Sebab, terpilih secara aklamasi sekaligus merubah kebiasaan yang sebelum-sebelumnya Ketua PMI Kalteng dijabat Wakil Gubernur.

Dia mengatakan majunya Suhaemi sebagai Ketua PMI Kalteng merupakan perintah langsung Gubernur Kalteng, sehingga langkah untuk memajukan organisasi kemanusiaan ini semakin optimal dikemudian hari.

"Kita melihat kantor PMI Kalteng yang sekarang ini sangat tidak layak, bahkan untuk melakukan rapat pun sulit. Ditambah lagi PMI di Kabupaten Murung Raya belum terbentuk, termasuk adanya pengurus PMI di sejumlah Kabupaten yang perlu dilakukan konsolidasi," beber Rusliansyah.

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini pun meyakini bahwa terpilihnya Suhaemi sebagai Ketua akan memberikan dampak besar terhadap kemajuan PMI Kalteng, termasuk sarana dan prasarana donor serta tranfusi darah.

"Apalagi pak Suhaemi kan telah menyampaikan ke Kita bahwa Desember 2017 ini formatur PMI Kalteng harus sudah tuntas agar cepat menyusun program dan melaksanakannya," demikian Rusliansyah.