Seruyan Jadikan Ikan Pipih Maskot Pilkada 2018

id KPU Seruyan Agus Sukron Mamun, Ikan Pipih Maskot Pilkada 2018

Ilustrasi (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menjadikan ikan pipih sebagai maskot pemilihan bupati dan wakil bupati setempat yang digelar pada Juni 2018.

"Maskot pilkada ini terinspirasi dari maskot Seruyan, yaitu ikan pipih atau belida, yang melambangkan anugerah dan potensi bagi kesejahteraan masyarakat Seruyan," kata Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma`mun saat peluncuran maskot Pilkada 2018 di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menjelaskan, maskot berupa ikan pipih telah lama menjadi ciri khas kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" diberi nama "Si Pintar".

"Si Pintar" merupakan akronim dari pahlawan (teladan), intelek (pandai), nasional (kreatif), terampil (gesit), amanah (adil) dan religius (iman).

"Nama `Si Pintar` mengandung harapan agar masyarakat Seruyan bekerjasama menyukseskan penyelenggaraan pilkada untuk memperoleh pasangan pemimpin yang pintar," katanya.

Pada kesempatan itu, Agus mengingatkan kepada masyarakat khususnya yang berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah supaya menyukseskan Pilkada 2018. Salah satunya dengan memastikan diri terdaftar sebagai pemilih.

Tahun 2018 dan 2019 disebut sebagai tahun pemilihan umum karena 2018 akan dilaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati yang merupakan kegiatan rutin setiap lima tahun sebagai wujud pelaksanaan demokrasi pemilu di daerah ini.

Selain itu pemilu legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 secara serentak di seluruh Indonesia tanpa kecuali.

"Untuk itu diharapkan partisipasi masyarakat menyukseskan agenda Pemilu tersebut, sementara kami dari sisi penyelenggaraan juga terus berupaya mempersiapkan pelaksanaan pemilihan agar berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar