Pemkab Barut Terbaik Penyelesaian Rekomendasi Pemeriksaan BPK

id pemkab barut, Elpi Epanop, BPK

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyerahkan piagam penghargaan prestasi terbaik penyelesaian TLHP dari BPK Kalteng kepada Sekda Jainal Abidin pada apel HUT Korpri di Muara Teweh, Senin. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara berhasil meraih prestasi terbaik penyelesaian persentase tindaklanjut berdasarkan rekomendasi hasil pemeriksaan (TLHP) Badan Pemeriksaan Keuangan semester II tahun 2017 se-Kalimantan Tengah.

"Prestasi ini dengan mendapat piagam penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Kalteng di Palangka Raya," kata Inspektur Barito Utara, Elpi Epanop di Muara Teweh, Rabu.

Pemkab Barito Utara berhasil menyelesaikan laporan hasil pemeriksaan rekomendasi BPK RI atas laporan keuangan sejak tahun 2004 sampai 2016.

Prestasi terbaik ini juga pada semester I tahun ini hingga semester II tahun 2017 dengan nilai secara keseluruhan mencapai 99,23.

"Kita harapkan dengan prestasi ini, Barito Utara akan mampu kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas lapoarn keuangan tahun 2017 yang akan diumumkan sekitar bulan Mei 2018 mendatang," kata Elpi.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara, berhasil meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Provinsi Kalteng atas laporan keuangan tahun 2016.

Laporan hasil pemeriksaan BPK-RI diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Tengah, Cornell Syarief Prawiradiningrat, dan diterima langsung Bupati Barito Utara Nadalsyah di Palangka Raya pada bulan Mei 2017 lalu.

Pemkab Barito Utara memperoleh opini WTP ini merupakan yang ketiga kalinya atau tiga tahun berturut-turut.Opini ini merupakan salah satu gebrakan Pemkab pedalaman Sungai Barito sejak dipimpin Nadalsyah.

Sebelumnya Pemkab Barito Utara pernah selama empat tahun berturut-turut meraih hasil buruk yakni disclaimer.

"Hasil pemeriksaan yang diterima merupakan bentuk petunjuk untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan menjadi lebih baik, terkait pengelolaan keuangan pada masa yang datang," kata Bupati Nadalsyah.

Sebagai entitas pemeriksaan keuangan Pemkab Barito Utara akan terus berupaya memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang menjadi temuan pemeriksaan.

Bupati Nadalsyah berharap, dengan semakin baiknya pengelolaan keuangan akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Barito Utara.

"Meraih opini WTP ketiga kalinya ini adalah tantangan bagi kami untuk mempertahankannya kembali," kata dia.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar