Diseminasi Kajian Ekonomi Penting Bagi Kinerja Pemda

id BI Kalteng, Setian, Kinerja Pemda

Deputi BI Kalteng Setian (Berdiri) memaparkan kondisi perekonomian di Kalteng, Palangka Raya, Kamis. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan regional yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah sangat bermanfaat dan berperan penting bagi peningkatan kinerja Pemerintah Daerah di provinsi nomor dua terluas di Indonesia ini.

Forum ini bukan sekedar memaparkan data terkait perkembangan pertumbuhan ekonomi namun juga berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan ikut terungkap, kata Deputi Bidang Ekonomi dan Moneter BI Perwakilan Kalteng, Setian usai diseminasi di Palangka Raya, Kamis.

"Jadi sangat berguna untuk semua pihak yang terlibat di pertumbuhan ekonomi tersebut. Ada kerangka berpikir bahwa kita harus melakukan sesuatu agar pertumbuhan ekonomi dapat lebih konsisten," tambahnya.

Berdasarkan data BI Kalteng, perekonomian di provinsi ini relatif tumbuh baik, bahkan di tahun depan peluang bertumbuhnya akan semakin baik. Hanya, semua pihak, khususnya Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, harus lebih tanggap dan peduli terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan.

Setian yang juga Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Kalteng ini mengatakan secara keseluruhan tahun 2017, ekonomi provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini tumbuh pada kisaran 6,9 persen hingga 7,3 persen "year on year".

"Peningkatan konsumsi rumah tangga (RT) menjelang momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, serta peningkatan kinerja ekspor akan menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi Kalteng, khususnya di triwulan IV tahun 2017," bebernya.

Meningkatnya ekspor komoditas yang didorong faktor eksternal dalam hal ini harga komoditas dunia dan kuota permintaan negara mitra dagang, ditambah peningkatan produktifitas komoditas lapangan usaha pertanian khusus kelapa sawit menjelang puncak produksi pada akhir tahun 2017, juga akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan IV tahun ini.

"Pertumbuhan ekonomi Kalteng lebih banyak didorong oleh konsumsi dibandingkan investasi. Seharusnya pertumbuhan ekonomi itu lebih bagus jika didorong oleh investasi. Ini perlu menjadi perhatian semua pihak," kata Setian.

Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan regional yang diselenggarakan BI Perwakilan Kalimantan Tengah lebih banyak dihadiri pihak perbankan dan pengusaha, sementara dari kalangan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota relatif minim.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar