Kapolres Barito Utara Harapkan Sinergitas Dengan Wartawan

id Kapolres Barito Utara, AKBP Dostan Matheus Siregar, Sinergitas Dengan Wartawan

Kapolres Barito Utara Harapkan Sinergitas Dengan Wartawan

Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar foto bersama dengan wartawan tergabung dalam PWI di sekretariat PWI setempat di Muara Teweh, Kamis. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kapolres Barito Utara, Kalimantan Tengah, AKBP Dostan Matheus Siregar mengharapkan adanya sinergitas dengan para wartawan terutama yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia di daerah setempat.

"Ini terus terang pengalaman pribadi baru saya bisa langsung berhubungan dengan para jurnalis, tolong dukungan dari teman jurnalis," ucap Kapolres Dostan saat mengunjungi sekretariat PWI Barito Utara di Muara Teweh, Kamis.

Apabila ada hal-hal kurang baik, perlu dikoordinasikan sehingga sinergitas antara polres dengan teman jurnalis terjalin dengan baik, ujarnya.

Menurut Dostan, diharapkan adanya MoU antara Polres dan PWI Barito Utara akan ditindaklanjuti, sehingga apa yang digarisbawahi dari satuan atas ke bawah betul-betul satu komando.

Dia yang baru dua hari menjabat Kapolres Barito Utara langsung menghangatkan hubungan persahabatan yang telah terjalin antara polisi dengan insan pers yang tergabung dalam PWI di bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

"Silaturahmi kepada teman-teman jurnalis. Saya ingin menjalin kerja sama," ucapnya didampingi Wakapolres Kompol Novianto Taryono dan Kasat Reskrim AKP Wiwin Junianto Supriadi.

Dostan mengaku, dirinya cukup lama menghabiskan masa dinas di unit pasukan sehingga kurang berhubungan dengan dunia pers.

Apalagi sebagian dari masa-masa berada di pasukan sebagai anggota tim penjinak bom yang memiliki etika tersendiri harus berada di belakang, tidak bisa menonjolkan diri di depan.

Ketua PWI Kabupaten Barito Utara Roby Cahyadi mengatakan, para wartawan dalam lingkup PWI Barito Utara merasa bangga dan bahagia atas kunjungan kapolres yang dilakukan setelah dua hari bertugas.

"Kami merasa bahagia dan bangga dikunjungi. Mudah-mudahan ini jadi awal tugas yang baik selama berada di Barito Utara. Ini merupakan penghargaan kepada PWI Barito Utara," katanya.

Roby menegaskan, PWI tidak akan melindungi anggotanya yang terlibat masalah tindak pidana atau kriminal. Terkecuali masalah yang terkait dengan delik pers dapat diselesaikan melalui hak jawab dan hak koreksi.

"Bila belum puas dapat diajukan ke Dewan Pers, sesuai dengan nota kesepahaman antara Kapolri dengan Dewan Pers dan Kapolda dengan PWI Cabang Kalimantan Tengah. Nota kesepahaman ini yang akan dilanjutkan ke tingkat kabupaten," ujarnya.