Karang Taruna Kotim Fokus Bantu Pembangunan Desa

id karang taruna kotim alang arianto, karang taruna

Karang Taruna Kotim Fokus Bantu Pembangunan Desa

Ketua Karang Taruna Kotim, Alang Arianto. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, berkomitmen untuk lebih fokus membantu pembangunan desa, khususnya dalam hal sosial dan upaya mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kekuatan Karang Taruna itu justru di desa. Makanya kami terus memotivasi kawan-kawan Karang Taruna di kecamatan, kelurahan dan desa untuk menjadi penggerak membantu masyarakat desa," kata Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Sabtu.

Harapan itu disampaikan Alang saat menghadiri Temu Karya Karang Taruna Kecamatan Kotabesi. Turut hadir Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid dan Camat Kotabesi Sutimin.

Menurut Alang, banyak hal yang bisa dilakukan warga Karang Taruna untuk membantu pembangunan desa. Sebagai organisasi kemasyarakatan yang sudah ada sejak lama, Karang Taruna mendapat tempat yang baik di masyarakat.

Sudah semestinya warga Karang Taruna berkontribusi terhadap pembangunan desa. Setiap desa memiliki potensi masing-masing yang bisa dikembangkan untuk membantu menopang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk mewujudkan itu, secara internal Karang Taruna juga harus meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri agar bisa berkontribusi bagi masyarakat. Regenerasi kepemimpinan juga diperlukan untuk peningkatan kinerja organisasi," kata Alang.

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid mengatakan, Karang Taruna harus berkontribusi mendukung program pemerintah. Pemerintah memiliki keterbatasan sehingga membutuhkan dukungan semua pihak.

"Kendala yang banyak dihadapi di desa adalah kurangnya sumber daya manusia. Warga Karang Taruna bisa bersinergi dengan pemerintah desa membantu itu karena banyak program yang bisa dilakukan bersama. Apalagi, kini desa mendapat kucuran di atas Rp1 miliar, sehingga membutuhkan masukan program dari banyak pihak," kata Hafid.

Sementara itu, Camat Kotabesi Sutimin mengapresiasi kontribusi Karang Taruna selama ini. Dia berharap warga Karang Taruna lebih berperan lagi di masyarakat karena banyak hal yang bisa dilakukan organisasi ini dalam membantu pemerintah dan masyarakat.

"Selama ini memang masih didominasi kegiatan olahraga dan hiburan. Ke depannya, kami berharap lebih banyak kegiatan yang berdampak besar terhadap masyarakat, misalnya menggerakkan usaha kecil dan ekonomi kreatif, serta kegiatan lainnya," harap Sutimin.

Sementara itu, Temu Karya Karang Taruna Kecamatan Kotabesi juga diisi pemilihan ketua baru. Sarifudin terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Karang Taruna Kecamatan Kotabesi menggantikan Mahbub Junaidi. Selanjutnya, Mahbub dipercaya menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Karang Taruna Kecamatan Kotabesi.