Rp881 Juta Untuk Rumah Ibadah di Dusun Tengah Bartim

id pembangunan gereja, gereja bartim, bupati bartim

Rp881 Juta Untuk Rumah Ibadah di Dusun Tengah Bartim

Bupati Bartim Ampera AY Mebas menjadi pelelang barang perajin milik masyarakat di acara safari Natal. Lelang ini dilakukan untuk mendongkrak karya UMKM di Bartim. (Foto Fernando)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah pada tahun 2017 ini telah merealisasikan dana hibah untuk rumah ibadah gereja khusus di Kecamatan Dusun Tengah sebesar Rp881 juta yang terdiri dari Rp685 juta untuk pembangunan gereja dan Rp186 juta untuk operasionalnya.

Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bartim telah memberkan dana hibah secara proporsional sebagai pembinaan umat beragama di Kabupaten Bartim.

"Hal ini telah dilaksanakan secara proporsional sejak tahun 2015 hingga tahun ini, sesuai misi pembinaan umat beragama," kata Ampera disela kegiatan safari Natal di gereja kidung agung jemaat Desa Saing Kecamatan Paku, Sabtu.

Ampera menerangkan, untuk mengimplentasikan kegiatan program pembinaan umat beragama secara adil dan merata, SOPD teknis telah mendata rumah ibadah termasuk gereja se-Kabupaten Bartim.

Hal ini dilakukan untuk menjadi tolak ukur pemberian dana hibah yang proporsional dengan menyesuaikan jumlah penduduk dan KK pada wilayah tersebut. 

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bartim juga memberikan bantuan untuk perayaan hari besar keagamaan secara proporsional.

Sesangkan di acara safari Natal, Ampera mengingatkan umat Kristiani untuk saling bertatap muka, saling mengenal di wilayah Desa Saing sehingga bisa terjalin hubungan kasih persaudaraan yang lebih baik lagi antara Pemerintah Kabupaten Bartim dengan masyarakat. 

Ampera juga mengingatkan peristiwa dan sejarah natal bagi umat Kristiani setempat untuk mengamalkan dan menghayati makna yang terkandung di saat perayaan Natal.