DPRD Seruyan Apresiasi Polisi Dalam Berantas Narkoba

id dprd seruyan, narkoba, erwin toha

DPRD Seruyan Apresiasi Polisi Dalam Berantas Narkoba

Wakil Ketua DPRD Seruyan M Erwin Toha. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengapresiasi kinerja kepolisian dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di daerah tersebut.

"Upaya Kepolisian Resor Seruyan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba, baik narkoba jenis sabu-sabu maupun Carnophen atau Zenith," kata Wakil Ketua DPRD Seruyan M Erwin Toha di Kuala Pembuang, Minggu.

Anggota DPR dari Partai Nasdem itu menilai penyalahgunaan narkoba khususnya Zenith di "Bumi Gawi Hatantiring" sudah sangat mengkhawatirkan.

Dari kasus narkoba yang berhasil diungkap kepolisian, peredaran ilegal barang tersebut tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan, tapi sudah merambah hingga ke pelosok desa serta menyentuh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

"Penyalahgunaan narkoba kalau tidak diberantas maka berpotensi merusak moral, akhlak, kepribadian dan masa depan masyarakat, khususnya anak-anak dan pemuda sebagai generasi penerus daerah ini," katanya.

Anggota DPRD asal daerah pemilihan I itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif membantu pemerintah dan kepolisian dalam memberantas penyalahgunaan barang tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendukung program pemberantasan narkoba adalah dengan mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari pengaruh buruk lingkungan dan pergaulan serta memberikan pendidikan agama dan nilai-nilai yang berkarakter sehingga tumbuh menjadi insan yang bertaqwa, berbakti, berguna bagi keluarga, bangsa dan negara.

"Jadi masyarakat bisa membantu menekan peredaran narkoba dengan membentengi diri sendiri serta mengawasi anggota keluarga agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba," katanya.

Sementara, Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu`min Wijaya menegaskan, pihaknya telah berkomitmen untuk menumpas penyalahgunaan narkoba tanpa ampun, karena penyalahgunaan narkoba bukan hanya musuh polisi tapi juga sudah menjadi musuh negara.

"Khusus untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di Seruyan, kita akan memperkuat monitoring intelijen, memperluas jejaring informasi masyarakat, sosialisasi, serta penindakan hukum secara tegas kepada pengedar maupun bandar narkoba," katanya.