Legislator Seruyan Minta CSR Untuk Peningkatan SDM

id DPRD Seruyan, Bambang Yantoko, CSR

Legislator Seruyan Minta CSR Untuk Peningkatan SDM

Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Bambang Yantoko (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bambang Yantoko meminta agar perusahaan besar swasta menggunakan dana tanggung jawab sosial (coorporate social responsibility/CSR) untuk membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia di wilayah tersebut.

"Dana CSR perusahaan sebenarnya dapat digunakan untuk program peningkatan sumber daya manusia (SDM), khususnya SDM masyarakat desa yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan," katanya di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia mengatakan, salah satu bentuk realisasi program peningkatan SDM yang dapat digunakan dari dana tanggung jawab sosial perusahaan adalah pemberian beasiswa kepada lulusan SMA dari keluarga tidak mampu sehingga dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

"Selain untuk bidang kesehatan, sosial ekonomi dan lingkungan, CSR itu juga dapat digunakan untuk pendidikan, yang salah satunya pemberian beasiswa," katanya.

Politisi Golkar ini menambahkan, peningkatan SDM dengan menggunakan dana CSR dapat diarahkan pada bidang-bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan daerah atau desa yang berada di sekitar perusahaan.

Seperti di Seruyan yang hingga saat ini masih kekurangan tenaga medis dan tenaga pengajar untuk daerah pelosok, maka pemberian beasiswa dapat diarahkan untuk beasiswa khusus pendidikan guru atau dokter.

"Begitu penerima beasiswa selesai studi maka dapat mengabdikan diri di desa ia berasal," katanya.

Menurutnya, potensi dana CSR di Seruyan sangat besar, hal itu dapat dilihat dari banyaknya jumlah perusahaan besar swasta baik itu yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit ataupun kehutanan.

"Oleh karena itu dana CSR harus diarahkan untuk mendorong kemajuan daerah, seperti untuk peningkatan kualitas SDM masyarakat agar Seruyan mempunyai profesional dari berbagai bidang yang akan membangun Seruyan menjadi lebih baik," katanya.