Kontraktor Palangka Raya Diminta Tingkatkan Kualitas Pekerjaan

id sekda palangka raya, rojikinnor, kontraktor

Kontraktor Palangka Raya Diminta Tingkatkan Kualitas Pekerjaan

Sekda Kota Palangka Raya, Rojikinnor. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya meminta lembaga dan asosiasi jasa konstruksi untuk meningkatkan kualitas pekerjaan kalangan kontraktor.

"Selama ini tidak ada masalah terkait pengerjaan proyek konstruksi. Namun saya berharap kualitas pekerja konstruksi perlu ditingkatkan agar kualitas pekerjaan semakin berdaya saing," kata Sekda Kota Palangka Raya, Rojikinnor di Palangka Raya, Senin.

Pernyataan itu diungkapkan Rojikin usai membuka sosialisasi Undang-undang RI No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi di Komplek Kantor Wali Kota Palangka Raya.

"Kami juga berharap mereka yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi semakin aktif dalam pembangunan. Selain itu juga agar mereka memberikan jaminan kualitas dan garansi terhadap setiap proyek yang dikerjakan," katanya.

Kepala Balai Wilayah V Banjarmasin, Mooday Nicson Sanger mengatakan, di antara permasalahan jasa konstruksi seperti masih sedikitnya tenaga kerja konstruksi bersertifikat sehingga perlu penataan ulang pengaturan terhadap sistem sertifikasi.

Selain itu juga masih tingginya kecelakaan kerja sektor konstruksi dan juga masih banyaknya kegagalan bangunan karena belum mematuhi ketentuan konstruksi berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palangka Raya, Hari Maihadi menerangkan acara sosialisasi tersebut berjumlah 80 orang terdiri dari unsur pemerintah kota, asosiasi jasa konstruksi, badan usaha serta akademisi.

"Melalui sosialisasi ini kami berharap agar seluruh pemangku kepentingan dan pelaku jasa konstruksi semakin memahami dan melaksanakan UU jasa konstruksi tersebut," katanya.