Peserta Luar Daerah Ikuti Festival Kuliner Sampit

id pemkab kotim, H Supian Hadi, Festival Kuliner Sampit

Peserta Luar Daerah Ikuti Festival Kuliner Sampit

Festival kuliner bertajuk 'Bakul Festival Uluh Itah' yang dilaksanakan di Sampit, dipadati pengunjung. Kegiatan ini berlangsung pada 9 hingga 17 Desember 2017. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Festival kuliner bertajuk `Bakul Festival Uluh Itah` di halaman parkir Citimall Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah disambut antusias pengusaha kuliner, bahkan ada yang berasal dari Pulau Jawa.

"Saya baru pertama kali ikut acara ini, ternyata respons masyarakat bagus. Mudah-mudahan sampai hari terakhir nanti selalu ramai pengunjung seperti ini," kata Elya, pengusaha kuliner asal Surabaya yang menjadi peserta, Senin.

`Bakul Festival Uluh Itah` merupakan kegiatan hasil kerjasama Citimall Sampit dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur. Acara yang dibuka Bupati H Supian Hadi pada Sabtu (9/12) malam lalu itu berlangsung hingga 17 Desember nanti.

Setiap hari, pengunjung terus memadati lokasi festival kuliner yang berkonsep suasana tradisional tersebut. Apalagi panitia juga menyediakan tempat bagi pedagang, dealer otomotif dan promosi produk lainnya.

Suasana makin meriah karena setiap malam ada hiburan disiapkan, di antaranya lomba menyanyi lagu pop. Suasana ini saling mendukung sehingga penjual makanan pun kebanjiran pembeli.

"Saya di Surabaya memiliki usaha katering. Saya ikut acara ini sekaligus survei, ternyata peluangnya bagus. Saya berencana membuka cabang di Sampit," kata Elya.

General Manager Citimall Sampit, Yus Arie mengatakan, respons masyarakat sangat bagus. Pihaknya terpaksa membatasi peserta supaya suasananya lebih nyaman dan tidak berdesakan.

Kali ini ada 23 pedagang makanan dan 30 pelaku usaha bidang lainnya yang ikut menjadi peserta. Selain dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah, peserta juga ada yang berasal dari Banjarmasin dan Surabaya.

"Ini sebagai upaya kami memberi kesempatan pelaku usaha kecil untuk tampil, selain yang kami lakukan selama ini dengan menyediakan wadah bagi pedagang kuliner yang ingin berjualan di mal kami. Kami ingin keberadaan kami bermanfaat bagi masyarakat," harap Yus.

`Bakul Festival Uluh Itah` merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata. Selain menggarap wisata belanja dan wisata kuliner, pihaknya juga akan memfasilitasi wisata seni dan olahraga agar makin banyak wisatawan yang datang ke Kotawaringin Timur.