RAPBD Bartim Mengacu RPJMD, RPJMP dan Visi Misi

id dprd bartim, boelelano, rapbd bartim

RAPBD Bartim Mengacu RPJMD, RPJMP dan Visi Misi

Ketua DPRD Bartim Broelalano. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Broelalano mengatakan, pembahasan anggaran RAPBD 2018 yang dilakukan legislatif bersama eksekutif mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah, rencana pembangunan jangka menengah dan panjang dan visi misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Bartim.

"Dalam pembahasan anggaran daerah untuk RAPBD 2018 yang kini tengah dilakukan bersama, kita (DPRD) mengawal dan mendukung semua kebijakan pemerintah sebagaimana RPJMD, RPJMP dan visi misi Pemerintah Kabupaten Bartim yang amanah, bersih berwibawa dengan berorientasi ekonomi kerakyatan," kata Broelalano di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut Broelalano, DPRD Bartim sebagai mitra kerja pendukung sepenuhnya kebijakan pembangunan oleh pihak eksekutif (Pemerintah Kabupaten Bartim).

Selain sebagai mitra kerja, DPRD Bartim memiliki tugas utama yakni pengawasan, budgeting (anggaran) dan legislasi. 

Dalam pengawasan, DPRD mengawasi pembangunan arah kebijakan dan siap melaksanakan pendekatan partisipatif dengan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) dalam mengawal semua program pembangunan baik yang tengah berjalan maupun yang akan dijalani tahun 2018 mendatang.

Dari fungsi penganggaran, DPRD Bartim melaksanakan tugas dengan seksama, agar anggaran yang yang dikeluarkan sebesar-besarnya melalui program yang bermanfaat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sedangkan dari sisi legislasi, DPRD ingin produk hukum daerah yang dibuat bermanfaat bagi kepentingan daerah dan masyarakat. 

"Bekerjasama dengan mengedepankan soliditas dan sinergitas, saya optimis apapun persoalan atau kendala terkait di bidang pembangun pasti dapat dicarikan solusinya." katanya. 

Sebagai unsur DPRD, Broe menginginkan pihak eksekutif dan jajaran untuk saling bahu-membahu dan mendukung satu sama lain, demi tercapainya realisasi program pembangunan RPJMD, RPJMP yang menjadi prioritas untuk kepentingan rakyat Barito Timur.