8 Orangutan Dilepasliarkan ke Hutan Lindung Bukit Batikap

id orangutan, hutan lindung bukti batikap, bukit batikap, BOS nyaru menteng

8 Orangutan Dilepasliarkan ke Hutan Lindung Bukit Batikap

Tim Yayasan BOS mengangkut orangutan yang akan dilepasliarkan ke Hutan Batikap Provinsi Kalteng. (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kerja sama dengan Yayasan BOS melepasliarkan delapan orangutan dari Pusat Rehabilitasi Orangutan di Nyaru Menteng ke Hutan Lindung Bukit Batikap.

Pelepasliaran orangutan yang terdiri dari tujuh jantan dan satu betina kali ini didukung sebuah helikopter bantuan dari PKHL-KLHK, kata CEO Yayasan BOS Jamartin Sihite melalui rilis di Palangka Raya, Kamis.

"Beberapa dari orangtua itu telah terlalu lama di kompleks rehabilitasi akibat minimnya ketersediaan hutan untuk pelepasliaran. Saat ini, berkat kerjasama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, akhirnya bisa diberikan kesempatan pada orangutan ini hidup bebas di hutan," tambahnya.

Jamartin pun mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan helikopter yang diberikan oleh Direktorat PKHL-KLHK. Sebab, memberangkatkan orangutan ke titik pelepasliaran jauh di dalam hutan Batikap menggunakan rute darat dan sungai bisa mencapai 3 hari perjalanan, serta sangat menantang.

Dia mengatakan keberadaan helikopter bantuan dari KKH-KLHK tersebut membuat tim Yayasan BOS melepasliarkan delapan orangutan ini pun bisa memangkas waktu yang seharusnya tiga hari menjadi beberapa jam saja.

"Dalam menyukseskan kampanye #OrangutanFreedom tahun 2017 ini, sampai hari ini kami berhasil memberikan kebebasan bagi 170 individu orangutan. Sebagian di antaranya kami pindahkan dari kompleks rehabilitasi ke pulau-pulau pra-pelepasliaran, sebagian kami lepasliarkan di hutan," kata Jamartin.

Kedelapan orangutan akan diberangkatkan dalam dua pemberangkatan selama dua hari berturut-turut, masing-masing kelompok membawa empat orangutan. Kelompok pertama telah diberangkatkan, Selasa (12/12), kelompok dua, Rabu (13/12).

Dari Nyaru Menteng orangutan akan diberangkatkan menggunakan kendaraan sampai ke Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas. Sebuah helikopter akan membantu mengangkut kandang transport orangutan dan kru yang bertugas langsung dari Kuala Kurun ke titik-titik rilis di jantung Hutan Lindung Bukit Batikap.