Pemkab Barito Utara Tandatangani MoU Pilkada 2018

id Bupati Barito Utara, Nadalsyah, MoU Pilkada 2018

Pemkab Barito Utara Tandatangani MoU Pilkada 2018

Bupati Barito Utara Nadalsyah foto bersama usai penandatanganan MoU pengamanan Pilkada 2018 di kantor bupati setempat di Muara Teweh, Kamis. (Foto Humas Polres Barito Utara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Polres, Kejaksaan, Kodim, Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilu dalam rangka menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati setempat tahun 2018.

"Kesepahaman ini haruslah dimaknai sebagai itikad baik untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada 2018 agar berjalan sukses, jujur, adil dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Nadalsyah, penandatanganan nota kesepahaman ini merujuk Peraturan KPU Nomor 01 tahun 2017 tentang tahapan , program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.

Sehubungan dengan rujukan itu, kata dia, perlu untuk dilaksanakan panandatanganan MoU tentang pelaksanaan dana hibah pengamanan Pilkada serta pengerahan dan pemberdayaan perlindungan masyarakat (Linmas).

"Jadi ditengah proses politik di negeri ini kita sadari bahwa penegakan hukum yang independen , transparan dan bermartabat.Untuk itu marilah kita bersama-sama mewujudkan harapan masyarakat untuk bekerja secara profesional dan integritas yang tinggi dalam pengamanan Pilkada nanti," katanya.

Bupati Nadalsyah mengatakan dalam berbagai kesempatan baik dengan Panswalu, Kepolisian, Kejaksaan, KPU maupun pihak lain telah beberapa kali dilaksanakan koordinasi maupun sosialisasi mengenai pelaksanaan Pilkada tahun 2018 secara berkesinambungan dan terus dilakukan secara intens agar pelaksanan Pemilu di Kabupaten Barito Utara berjalan dengan baik, lancar dan aman.

"Saya selaku kepala daerah berharap melalui momentum MoU ini daat menjadi tonggak meningkatnya kemitraan pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan Polres, Kejaksaan, Kodim, KPU dan Panwaslu di daerah ini," kata Nadalsyah.

Selain penandatanganan MoU pengamanan Pilkada juga ditandatangani tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan dana desa, permasalahan dana serta penangangan darurat , penyandang disabilitas mental / orang dengan gangguan jiwa (ODG), orang terlantar, gelandangan, pengemis, anak terlantar, lanjut usia dan tuna susila di daerah ini.

Penandatanganan MoU itu dilakukan Kapolres Barito Utara Dostan Matheus Siregar, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Arh Abraham Kalelo, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Teweh Basrulnas, Ketua KPU Barito Utara Alamsyah, Ketua Panwaslu setempat Kotdin Manik.