Pemkab dan Polres Lamandau Tandatangani MoU Pilkada 2018

id pilkada lamandau, pemkab lamandau, polres lamandau

Pemkab dan Polres Lamandau Tandatangani MoU Pilkada 2018

Bupati Lamandau Marukan (tengah) pada saat diskusi dengan Kapolres Lamandau AKBP Andhika Kelana Wiratama (kiri), usai penandatanganan MoU Pilkada Lamandau tahun 2018 di ruang kerjanya, Jumat (15/12/2017). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Polres Lamandau dalam rangka pengerahan dan pemberdayaan linmas untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.
     
Bupati Lamandau Marukan, mengatakan bahwa ditengah proses politik di Negeri ini harus disadari bahwa penegakan hukum yang independen, transparan dan bermartabat dalam rangka mewujudkan harapan masyarakat untuk bekerja secara profesional dan integritas yang tinggi dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2018.
     
"Kesepahaman ini haruslah dimaknai sebagai itikad baik untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada 2018 mendatang agar berjalan sukses, jujur, adil, dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon," kata Marukan di ruang kerjanya usai penandatanganan MoU, Jumat (15/12/2017).
     
Orang nomor satu di Kabupaten yang berjuluk "Bumi Bahaum Bakuba" ini juga menambahkan, dalam berbagai kesempatan baik dengan Panwaslu, Kepolisian, Kejaksaan, KPU maupun pihak lain harus selalu berkesinambungan dan terus dilakukan secara intens agar pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Lamandau berjalan dengan baik, lancar, dan aman.
     
"Saya berharap, melalui momentum MoU ini dapat menjadi tonggak meningkatnya kemitraan Pemkab Lamandau dengan Polres Lamandau, Kejari Lamandau, Kodim, KPU Kabupaten Lamandau dan Panwaslu didaerah ini," harapnya.
     
Sementara itu, Kapolres Lamandau AKBP Andika Kelana Wiratama mengatakan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini sebagai pedoman untuk melaksanakan kerjasama dalam hal pengerahan dan pemberdayaan Tempat Pemungutan Suara (TPS)  pada Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.
     
Sehubungan dengan rujukan tersebut perlu untuk dilaksanakan panandatanganan MoU tentang pelaksanaan pengamanan Pilkada serta mewujudkan sinergitas pengerahan pemberdayaan perlindungan masyarakat (Linmas).
     
"Kita akan terus melakukan koordinasi kepada semua pihak untuk menata jalannya pengamanan pemilu yang akan datang dengan memberikan pembekalan kepada seluruh anggota satuan Linmas agar pesta demokrasi nanti bisa berjalan dengan sukses, aman, dan lancar," demikian Andhika.