Ini Empat Senjata Hadapi Cuaca Ekstrem Saat Ini

id kesehatan, cuaca, gaya hidup sehat

Ini Empat Senjata Hadapi Cuaca Ekstrem Saat Ini

Ilustrasi - Cuaca buruk (FOTO ANTARA/Noveradika)

Jakarta (Antara Kalteng) - Daya tahan tubuh harus dijaga agar tak terserang sakit dan mengganggu aktivitas harian dalam menghadapi perubahan ekstrem cuaca seperti saat ini. 


Bagaimana caranya? Berikut penjelasan ahli nutrisi Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD:

Gaya hidup sehat 

Daya tahan tubuh dapat dijaga dengan cara menjalankan gaya hidup sehat seperti berolahraga secara rutin, perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari dan istrirahat yang cukup setiap harinya.

Penuhi kebutuhan asupan harian  

Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan setiap hari sangat diperlukan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh. Orang-orang yang memiliki gaya hidup yang sibuk dengan pola makan tidak seimbang terkadang tidak dapat menjaga kesehatan daya tahan tubuh mereka hanya dari konsumsi makanan sehari-hari. 

Konsumsi vitamin yang cukup

Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, namun salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. 

Bila kebutuhan harian akan vitamin C, maka sistem daya tahan tubuh Anda dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit.


Bawalah jaket atau jas hujan: 

Salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan ekstrim cuaca yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika Anda keluar rumah, tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat. Jangan lupa untuk membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.