Legislator Imbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan Anak-anak

id DPRD Seruyan, Eti Suwarti, Orang Tua Tingkatkan Pengawasan Anak-anak

Legislator Imbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan Anak-anak

Ilustrasi. (clipartpanda.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Eti Suwarti mengimbau para orang tua agar meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak-anaknya menyusul maraknya kriminalitas yang melibatkan anak sebagai korban maupun pelaku.

"Pergaulan anak harus diawasi, karena pergaulan yang salah dapat merusak moral, kepribadian dan masa depan anak," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Dikatakan, salah satu yang harus diwaspadai para orang tua di Seruyan adalah masalah penyalahgunaan narkoba terutama obat "Carnophen atau Zenith" yang tidak hanya terjadi di perkotaan tapi sudah merambah hingga ke pedesaan.

"Orang tua hendaknya mengawasi pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus pada penggunaan obat-obat terlarang, dan dapat merusak anak sebagai generasi bangsa," katanya.

Ia menambahkan, anak-anak harus dijaga dari pengaruh buruk lingkungan dan pergaulan serta harus dirawat atau dididik dengan norma agama yang baik dan diajarkan nilai-nilai yang berkarakter agar tumbuh menjadi insan yang bertakwa, berbakti, berguna bagi keluarga, bangsa dan negara.

"Dan kita ingatkan kembali, pengawasan terhadap anak bukan hanya menjadi tanggungjawab guru saja, namun orang tua, terlebih ketika itu di luar jam sekolah untuk mengarahkan anak kepada hal-hal yang positif," katanya.

Sementara, Kasat Resnarkoba Polres Seruyan AKP Sarwani mengatakan peredaran narkoba khususnya Zenith di "Bumi Gawi Hatantiring" memang sangat mengkhawatirkan, sebab peredarannya sudah merambah hingga ke perdesaan.

Berdasarkan catatan kepolisian, selama beberapa beberapa tahun terakhir jumlah kasus narkoba di Seruyan cenderung meningkat, dan hingga akhir 2017, Polres Seruyan menangani tidak kurang dari 50 kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, selama ini Polres Seruyan beserta jajaran sudah berupaya maksimal untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Namun untuk menekan peredaran narkoba justru yang paling diperlukan kewaspadaan dan pengawasan dari masyarakat. Dengan adanya kewaspadaan dan pengawasan tadi maka ruang gerak dari para pengedar dapat dipersempit.

"Diperlukan peran serta masyarakat, khususnya para orang tua untuk meningkatkan pengawasan, bimbingan dan perhatian terhadap anak agar terhindar dari bahaya narkoba serta zat adiktif lainnya," katanya.