Gas Langka dan Harga Melonjak di Pulpis, Camat Minta Tambah Pasokan

id gas elpiji 3 kg, gas melon, camat sebangau kuala

Gas Langka dan Harga Melonjak di Pulpis, Camat Minta Tambah Pasokan

Camat Sebangau Kuala, Herman Wibowo. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Kelangkaan gas tabung isi 3 kilogram atau gas melon di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau membuat harga melonjak signifikan. Harga gas melon tembus mencapai harga Rp40 ribu di Kecamatan Sebangau Kuala.

Camat Sebangau Kuala, Herman Wibowo berharap kepada para agen bisa menambah jumlah pasokan untuk kabupaten setempat.

"Jumlah penduduk bertambah setiap tahun dan aktivitas masyarakat khususnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru seperti ini membuat kebutuhan gas ikut meningkat," terang Herman saat berada di Pulang Pisau, Jumat.

Menurut Herman, kenaikan harga di tingkat pengecer hingga Rp40 ribu per tabung tidak bisa dipermasalahkan, karena secara otomatis hukum dagang berlaku, semakin langkanya barang, tentu harga langsung melonjak naik.

Dengan kondisi yang dihadapi masyarakat ini, kata Herman, harusnya menjadi pertimbangan dari para agen untuk menambah jumlah kuota gas melon. 

Setiap tahun, penduduk terus bertambah kebutuhan terhadap gas juga mengalami peningkatan. Apabila setiap agen menambah jumlah kuota gas melon, dirinya optimis kelangkaan yang membuat lonjakan harga tidak ada terjadi lagi.

Gas melon, ucap Herman, masih diminati masyarakat dibanding dengan gas tabung isi 5,5 kilogram. Selain harga yang lebih ekonomis, masyarakat  juga tidak perlu mengganti tabung dengan harga yang dinilai oleh masyarakat cukup memberatkan.