Polres Bartim Tangkap Pelaku Penipuan di Ternate

id polres bartim, penipuan

Polres Bartim Tangkap Pelaku Penipuan di Ternate

Kasatreskrin Polres Bartim (Kanan) AKP Andi Kurniawan SIK saat memeriksa terduga pelaku penipuan dan penggelepan berinisial DD (31) di Polres Ternate belum lama ini. (Foto Polres Bartim)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Satreskrim Polres Barito Timur, Kalimantan Tengah berhasil menangkap pelaku penipuan dan penggelapan berinisial DD (31) warga Bartim yang lari ke Gamayou Ternate, Maluku Utara. 

Kapolres Bartim AKBP Wahid Kurniawan SIK melalui Kasatreskrim AKP Andi Kurniawan SIK mengatakan, terlapor diamankan di rumah kontrakannya pada Sabtu (23/12/2017).

"Kita telah lakukan pemeriksaan terhadap terlapor di Polres Ternate setelah diamankan dari kediamannya," katanya, Kamis.

Barang bukti sementara yakni sebuah hp merk acer, lembaran kuitansi pembayaran dari korban an. Daryono dan beberapa foto dokumentasi transaksi pembayaran. 

DD diduga melakukan penipuan terhadap warga Kecamatan Raren Batuah itu pada dua tahun silam. Daryono yang ingin anaknya masuk Polri bertemu dengan DD yang menjamin bisa memuluskan proses agar bisa diterima menjadi anggota Polri.

Ada kesepakatan, Daryono akhirnya menyerahkan uang Rp175 juta sesuai permintaan DD. Setelah anaknya tidak lulus menjadi anggota Polri, Daryono meminta kembalikan uang titipan yang diserahkan ke DD. 

Karena tidak dikembalikan, DD akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Bartim dengan tuduhan penipuan dan penggelapan. 

"Kini proses terus berlanjut dan kita dalami. Untuk sementara diduga melanggar pasal 378 dan atau pasal 372 KUH Pidana," demikian Andi.