Ombudsman Kalteng Apresiasi Pelayanan Siaga Polsek Bangkal

id ombudsman kalteng, polsek bangkal, polres seruyan

Ombudsman Kalteng Apresiasi Pelayanan Siaga Polsek Bangkal

Petugas Polsek Bangkal bersama tim Ombudsman Perwakilan Kalteng. (Foto Ombudsman Kalteng)

Seruyan (Antara Kalteng) - Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah mengapresiasi tindakan pelayanan publik yang diakukan petugas Polsek Bangkal yang masuk dalam wilayah kabupaten Seruyan, demikian siaran pers Ombudsman Perwakilan Kalteng, Kamis.

Kejadian ini terjadi secara tidak sengaja, pada dini hari sekitar pukul 00.00 WIB saat memasuki hari Kamis (28/12/2017), saat itu Tim Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah yang beranggotakan 3 (tiga) orang asisten melakukan perjalanan kedinasan ke Kabupaten Lamandau. 

Saat memasuki kawasan Bangkal, kabupaten Seruyan, terjadi insiden yang mengakibatkan ban mobil yang ditumpangi tim ombudsman ini mengalami kebocoran.

Menurut Asisten Ombudsman Koordinator Tim Komunikasi Strategis yang berada di lapangan saat itu, Yogie O. Sihombing, timnya kebingungan kemana harus mencari bantuan apalagi saat kondisi tengah malam bengkel tidak ada yang beroperasi.

"Lalu kami melihat ada Polsek Bangkal tidak jauh dari tempat kami mengalami peristiwa tersebut, dan kami mencoba meminta pertolongan," tutur Yogie. 

Ditambahkan oleh tim Ombudsman saat itu, Asisten Koordinator Tim Litbang, Ary Andriyan dan Asisten Ombudsman Tim Anggota Jaringan Kelembagaan, Rio A. Wiranata, timnya sebelumnya tidak menyebutkan bahwa mereka dari Ombudsman RI. Namun petugas cepat tanggap mencarikan bantuan, artinya tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa pandang bulu. 

"Setelah mobil selesai diperbaiki, barulah kami memberitahukan bahwa kami dari Ombudsman," tutur Rio.

Walaupun hal ini terlihat sepele dan tidak disengaja, tim ombudsman melihat dari sisi pelayanan 24 jam, petugas Polsek Bangkal tetap siaga dalam memberikan pelayanan kepada pulik. "Ini patut diapresiasi, padahal jam segini rawan petugas tidak siaga ditempat," tambah Ary. 

Petugas siaga pada saat itu adalah Bripka Sugianto dan Briptu Ahmad Alfin yang sudah berusaha memberikan pelayanan ekstra pada masyarakat.

"Hal baik ini juga akan disampaikan kepada Polres Seruyan. OOmbudsman fair aja, bukan hanya temuan maladministrasi saja yang dilaporkan, tapi bentuk apresiasi seperti ini juga perlu disampaikan kepada Polres setempat, agar Polsek Bangkal dapat menjadi contoh pelayanan 24 jam yang cukup baik dalam hal kesiapan petugas piket," kata Yogie.