Kotim Perbanyak Pertandingan Pacu Prestasi Bulu Tangkis

id Bupati Kotim Cup IV, Samsudin Mulano, Bulu Tangkis

Kotim Perbanyak Pertandingan Pacu Prestasi Bulu Tangkis

Sebanyak 225 peserta dari berbagai daerah mengikuti Bupati Kotim Cup IV yang dilaksanakan di Sampit pada 27-31 Desember 2017, Kamis (28/12/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews  Kalteng) - Pegiat bulu tangkis di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berharap bisa menggelar lebih banyak pertandingan bulu tangkis untuk mendorong peningkatan kemampuan dan prestasi atlet lokal.

"Turnamen di Kotawaringin Timur jarang sehingga kemampuan atlet kita kurang termonitor. Harus diperbanyak supaya pengalaman atlet kita bertambah," kata Ketua Panitia Bupati Kotim Cup IV, Samsudin Mulano di Sampit, Kamis.

Menurut Samsudin, olahraga bulu tangkis di Kotawaringin Timur harus kembali digelorakan agar prestasi kembali diraih. Pembinaan atlet juga harus ditingkatkan, khususnya pembinaan atlet pemula atau usia dini untuk regenerasi.

Saat ini sedang berlangsung Bupati Kotim Cup IV di Gedung Olahraga Habaring Hurung Sampit. Kegiatan ini diikuti 225 peserta dari berbagai kabupaten, bahkan ada yang berasal dari luar Provinsi Kalimantan Tengah, dengan kategori taruna, umum dan veteran.

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya mengukur kemampuan atlet bulu tangkis Kotawaringin Timur karena sebagian peserta berasal dari luar daerah. Secara internal, ajang ini juga menjadi sarana menjaring altet berbakat yang akan dikirim mewakili Kotawaringin Timur pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah tahun 2018 nanti.

Samsudin mengaku senang karena saat ini cukup banyak klub bulu tangkis di Kotawaringin Timur. Hal ini memudahkan penjaringan atlet usia dini yang berpotensi untuk dibina secara intensif.

Secara umum, kualitas atlet bulu tangkis Kotawaringin Timur mulai meningkat. Diperlukan pembinaan yang lebih serius, khususnya terhadap atlet usia dini agar nantinya mampu mempersembahkan prestasi.

"Ada peningkatan lebih dari 50 persen dibanding 2007. Tahun 2007 lalu sebanyak 30 pasang pemain dari Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah didatangkan untuk uji tanding di Sampit. Saat itu nilai pemain kita paling tinggi 10 poin. Tanggal 22 Desember 2017 kembali didatangkan 22 pasang pemain dari Pati untuk uji tanding. Hasilnya, ada beberapa partai yang dimenangi atlet Kotawaringin Timur dan poin kita di atas 15 poin," kata Samsudin.

Sumber daya manusia pembinaan bulu tangkis di Kotawaringin Timur dinilai cukup memadai. Selain pelatih berkompeten, kabupaten ini juga memiliki 12 wasit bersertifikat, termasuk dua wasit nasional," tambah Samsudin.

Samsudin bersyukur saat ini sudah ada atlet muda Kotawaringin Timur yang menorehkan prestasi. Bahkan ada atlet bernama Sultan, berhasil menjadi juara tingkat Asia dalam event di Singapura belum lama ini.

Untuk pembinaan atlet muda, tahun 2018 nanti rencananya dilaksanakan tur dengan membawa atlet muda melakukan uji tanding ke daerah lain di Kalimantan Tengah. Bahkan jika memungkinkan, para atlet muda akan diboyong untuk uji tanding di Kabupaten Pati Jawa Tengah, sekaligus untuk kunjungan balasan.