Sekda Definitif Kotawaringin Timur Dilantik Besok

id Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotim, Alang Arianto, setda kotim

Sekda Definitif Kotawaringin Timur Dilantik Besok

Sejumlah pegawai terlihat mendekorasi Gedung Serbaguna Sampit, Kamis (4/1/2018), yang diperkirakan akan dijadikan tempat pelantikan Sekda besok. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Setelah enam bulan dijabat pelaksana tugas, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah selanjutnya akan dijabat Sekda definitif yang dijadwalkan dilantik Bupati Supian Hadi pada Jumat(5/1).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotim, Alang Arianto saat dikonfirmasi di Sampit, Kamis mengatakan jabatan sekretaris daerah Kotawaringin Timur lowong setelah pejabatnya yaitu Putu Sudarsana, pensiun pada 3 Juli 2017 dan bupati menunjuk Halikinnor sebagai Plt Sekda.

Alang mengatakan, proses administrasi pengisian jabatan sekretaris daerah sudah selesai. Rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara juga sudah diterima, sebagai dasar bupati dalam mengambil keputusan terakhir.

Sebelumnya, pemerintah daerah menyampaikan tiga nama calon sekretaris daerah hasil seleksi terbuka pada Oktober 2017 lalu itu kepada Gubernur Kalimantan Tengah dan Komisi Aparatur Sipil Negara.

Tiga nama peserta yang dinyatakan memenuhi syarat atau lulus seleksi itu adalah Halikinnor yang merupakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sekaligus menjabat Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, Bima Ekawardhana yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Marjuki yang merupakan Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah.

Penetapan tiga nama itu berdasarkan hasil seleksi administrasi, seleksi kompetensi manajerial dan seleksi kompetensi bidang atau teknis dan sosial kultural serta penelusuran rekam jejak oleh lima anggota panitia seleksi. Tiga nama peserta itu merupakan hasil akhir seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Alang mengatakan, semua tahapan sudah dilalui sesuai aturan. Sedangkan keputusan terakhir terkait siapa yang dipilih menjadi sekretaris daerah definitif, merupakan kewenangan bupati untuk menentukan.

"Tentunya bupati mempertimbangkan banyak hal dari tiga nama itu. Semuanya adalah kader terbaik daerah, namun bupati harus memilih satu nama yang menurut beliau, bisa maksimal dalam membantu menjalankan visi dan misi yang sudah ditetapkan. Hanya beliau yang tahu itu siapa," kata Alang.

Sementara itu, beredar kabar bahwa nama yang dipilih menjadi Sekretaris Daerah adalah Halikinnor. Halikinnor yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, dikabarkan akan dilantik untuk menjadi pejabat definitif di jabatan tertinggi dalam karier seorang aparatur sipil negara tersebut.

Selain pengalaman di berbagai jabatan strategis yang didudukinya selama ini, Halikinnor juga dinilai menguasai dalam bidang anggaran. Halikinnor juga dinilai mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus dengan pihak lain, khususnya dengan DPRD setempat, sehingga diharapkan mampu menjembatani komunikasi sehingga terjadi sinergitas yang baik dan pembangunan berjalan dengan baik.