Wawako Minta Pegawai Kemenag Pelopor Kerukunan Umat Beragama

id wawako palangka raya, Mofit Saptono Subagio, Pelopor Kerukunan Umat Beragama

Wawako Minta Pegawai Kemenag Pelopor Kerukunan Umat Beragama

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio (tengah) dalam acara peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-72 di Kantor Kemenag Palangka Raya, Kamis (4/1/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio meminta jajaran pegawai Kementerian Agama di kota setempat menjadi pelopor menjaga kerukunan umat beragama sehingga terwujud situasi dan suasana kondusif antarpemeluk agama.

"Harapan kami, jajaran Kemenag Palangka Raya mampu menjadi jembatan bagi kerukunan umat beragama," ujarnya usai mengikuti peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-72 di Palangka Raya, Kamis.

Pria nomor dua di lingkup pemerintah "Kota Cantik" ini mengatakan, jajaran Kemenag di seluruh kota setempat harus mampu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan RI yang terdiri dari beragam suku dan agama.

Mofit mengatakan, kebhinekaan yang berada di Palangka Raya merupakan anugerah yang harus disyukuri sekaligus menjadi tantangan besar dan nyata sehingga terwujud kerukunan antarumat beragama.

"Perbedaan suku dan agama harus disyukuri sekaligus menjadi tantangan terutama bagi umat muslim karena Islam itu damai dan mampu menjadi perekat kerukunan umat beragama," kata Mofit.

Terlebih lagi, lanjut dia, masyarakat Palangka Raya juga memiliki falsafah "Huma Betang" yang merupakan refleksi semboyan bhineka tunggal ika.

"Untuk itu, saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk ormas, paguyuban termasuk pegawai pemerintah untuk terlibat dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan yang selama ini terjalin," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Baihaqi mengatakan, peringatan ini menjadi momentum bagi seluruh jajaran Kemenag kota untuk bekerja lebih baik.

Menurut dia, pihaknya secara internal siap membenahi seluruh ASN sehingga kinerja mereka lebih baik termasuk bisa berinovasi khususnya dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Diantara pelayanan yang sudah disiapkan yakni Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).