Amankan Pilkada, Polres Kapuas Apel Gelar Pasukan

id polres kapuas, pilkada kapuas

Amankan Pilkada, Polres Kapuas Apel Gelar Pasukan

Penandatangaann kesepakatan antara Ketua KPU Kapuas dan Kapolres Kapuas pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Telabang 2018, Jumat (5/1/18). (Istimewa)

Kuala Kapuas (Antaranews Kalteng) - Guna mengamankan pemilihan kepala daerah tahun ini, Polres Kapuas mempersiapkan diri dengan diawali pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Telabang 2018 di depan Polsekta Selat, Jumat (5/1/18).

Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar yang bertindak sebagai pemimpin upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa semua polisi yang bertugas di lapangan harus menyiapkan mental dan fisik yang dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi.

"Sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, polisi dapat juga jadi sahabat, pelindung hukum yang jujur, adil transparan serta akuntabel. Mari berikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat." ucapnya.

Kapolres juga menekankan untuk melakukan pemetaan pada setiap kerawanan tahapan Pilkada Kabupaten Kapuas tahun 2018 serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelejen yang ada dengan didukung Babinkamtibmas guna mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat.

"Lakukan pengawasan dan deteksi kemungkinan yang akan terjadi sehingga setiap permasalahan yang berpotensi menganggu jalannya Pilkada Kabupaten Kapuas dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak berdampak luas," tegasnya.

Diingatkannya kepada seluruh aparatnya untuk menjaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis selama penyelenggaraan Pilkada Kapuas yang dapat menurunkan kepercayaan dan citra Polri di mata masyarakat.

Selain itu Kapolres juga menginginkan dalam perkara pilkada melakukan penegakan hukum secara profesional terhadap pelanggaran tindak pidana Pemilu secara terpadu, melalui sentra Gakkumdu. 

"Pedomani aturan dan SOP yang berlaku, guna menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam melaksanakan tugas," katanya.

Usai apel gelar pasukan acara dilanjutkan penandatanganan antara Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Bardiansyah dengan Kapolres Kapuas. Hadir Dandim 1011/KLK Letkol Inf Ahmad Syaiku, Kepala Kejaksaan Kapuas, jajaran Pemkab Kapuas dan para Parpol.