MURI Apresiasi Ide Pemecahan Rekor Nasi Kuning di Kotim

id MURI, rekor nasi kuning, sampit, kotim, HUT 65 Kotim, Manajer MURI, Andre Purwandono

MURI Apresiasi Ide Pemecahan Rekor Nasi Kuning di Kotim

Sekretaris Karang Taruna Kotim Muhammad Indra, Manajer MURI Andre Purwandono dan Representatif MURI Lutfisyah. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Andre menjelaskan, rekor penyajian nasi kuning terbanyak sebelumnya dibuat oleh Manado dengan jumlah nasi kuning sebanyak 2.000 porsi pada tahun 2007...
Sampit (Antaranews Kalteng) - Rencana pemecahan rekor penyajian nasi kuning terbanyak dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-65 Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, diapresiasi oleh Museum Rekor Indonesia atau MURI.

"Kami menyambut positif ide ini dengan harapan bermanfaat bagi masyarakat. Nasinya dibagikan kepada masyarakat, apalagi ini merupakan promosi sajian dan beras khas daerah," kata Manajer MURI, Andre Purwandono di Sampit, Sabtu.

Pemecahan rekor MURI untuk penyajian nasi kuning terbanyak akan dilaksanakan Minggu (7/1) pagi di Stadion 29 November Sampit. Penilaian akan dilakukan oleh Manajer MURI Andre Purwandono dan Representatif MURI Lutfisyah.

Penilaian akan dilakukan sebelum upacara HUT ke-65 Kotawaringin Timur. Setelah penilaian, MURI akan mengumumkan apakah rekor penyajian nasi kuning terbanyak tersebut dinyatakan berhasil atau tidak.

Acara kemudian dilanjutkan upacara dipimpin Bupati H Supian Hadi. Selanjutnya, acara diisi dengan makan bersama 5.000 nasi kuning yang terbuat dari beras siam epang yang merupakan beras khas Kotawaringin Timur.

Andre menjelaskan, rekor penyajian nasi kuning terbanyak sebelumnya dibuat oleh Manado dengan jumlah nasi kuning sebanyak 2.000 porsi pada tahun 2007. Sesuai standar MURI, rekor dinyatakan terpecahkan jika penambahan jumlah minimal 10 persen dari rekor sebelumnya, berarti minimal 2.200 porsi.

"Kalau nanti benar 5.000 porsi, maka tentu Kotawaringin Timur memecahkan rekor MURI untuk penyajian nasi kuning terbanyak. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat," harap Andre.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berencana membuat rekor MURI untuk penyajian nasi kuning terbanyak dengan target 5.000 porsi nasi kuning menggunakan beras siam epang. 

BacaPetani Kotim Dukung Rekor Muri Nasi Kuning

Pemerintah daerah mempercayakan pelaksanaan kegiatan ini kepada Karang Taruna dan KNPI Kotawaringin Timur. Kegiatan itu akan melibatkan peserta dari pelajar, pramuka, ASN, TNI, Polri, perwakilan kecamatan masing-masing 50 orang serta masyarakat umum.

"Persiapan sudah 95 persen dan saat ini penyelesaian akhir di lapangan. Puluhan hadiah juga sudah disiapkan, berasal dari sumbangan satuan organisasi perangkat daerah dan donatur lainnya," kata Sekretaris Karang Taruna Kotawaringin Timur, Muhammad Indra.

Indra menjelaskan, nasi kuning akan disajikan dalam mangkok yang dihias sedemikian rupa. Selain tampilan yang menarik, penyajian nasi kuning ini tetap mengedepankan syarat kesehatan dan rasa yang nikmat.

Sebanyak 5.000 nasi kuning yang akan disajikan, dibuat dari beras siam epang yang merupakan beras khas Kotawaringin Timur. Siam epang sudah dinyatakan sebagai salah satu bibit unggul nasional.

Pemecahan rekor MURI ini juga salah satu cara unik dan menarik untuk mempromosikan beras siam epang hingga makin dikenal luas hingga ke luar daerah. Harapannya agar serapan beras siam epang terus meningkat sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani lokal.