PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT MAS Bantu Bangun Jalan Kebun Raya Sampit

id sampit, kotim, PT Sukajadi Sawit Mekar, PT MAS, Jalan Kebun Raya Sampit

PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT MAS Bantu Bangun Jalan Kebun Raya Sampit

Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Sanggul Lumban Gaol menyerahkan piagam penghargaan kepada General Manager Humas Musim Mas Group Rusli Salim, Minggu (7/1/18). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen kami untuk membantu daerah dan masyarakat. Kami berusaha terus membantu sesuai dengan kemampuan kami agar daerah dan masyarakat makin maju,"
Sampit (Antaranews Kalteng) - Kepedulian kembali ditunjukkan PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Maju Aneka Sawit (MAS). Kali ini dua anak perusahaan Musim Mas Group itu membantu membangun jalan di Kebun Raya Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, sehingga mendapat apresiasi pemerintah daerah.

Bupati H Supian Hadi sangat mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah peduli terhadap pembangunan daerah. Peran serta pengusaha sangat dibutuhkan karena dana yang dimiliki pemerintah untuk membangun daerah, sangat terbatas.

"Bantuan itu menunjukkan perusahaan peduli terhadap pembangunan daerah. Perusahaan tidak hanya mencari keuntungan di sini, tetapi juga peduli membantu pembangunan daerah dan nasib kesejahteraan masyarakat," kata Supian di Sampit, Minggu.Ungkapan itu disampaikan Supian atas nama pemerintah daerah yang dipimpinnya. Rasa terima kasih itu juga dituangkan dalam piagam penghargaan yang diberikannya kepada PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Maju Aneka Sawit (MAS).

Usai memimpin peringatan hari ulang tahun ke-65 Kabupaten Kotawaringin Timur di Stadion 29 November Sampit, Supian memberikan penghargaan kepada kedua perusahaan tersebut. Penyerahannya dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Sanggul Lumban Gaol kepada General Manager Humas Musim Mas Group Rusli Salim atau akrab disapa Atong, disaksikan Supian.

PT Sukajadi Sawit Mekar membantu pembangunan jalan Kebun Raya Sampit sepanjang 593 meter, sedangkan PT Maju Aneka Sawit membantu sepanjang 1.072 meter. Saat ini pekerjaan masih berlangsung dan diharapkan berjalan lancar sesuai harapan.

Kebun Raya Sampit dibangun di km 28 hingga 32 Jalan Jenderal Sudirman, seluas 607,63 hektare meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang dan Kotabesi. Kebun Raya Sampit akan menjadi kebun raya terluas di negeri ini karena kebun raya terluas saat ini yaitu Kebun Raya Bukit Sari di Provinsi Jambi hanya seluas 425,50 hektare.

Berdasarkan perencanaan, total anggaran biaya yang dibutuhkan pemerintah daerah untuk membangun Kebun Raya Sampit mencapai Rp1.412.562.966.403 yang dibagi tiga tahapan. Anggaran itu akan digunakan untuk tahap persiapan, pembangunan zona penerima, zona pengelola, zona rekreasi, zona koleksi serta prasarana dan sarana umum.

pembangunan jalan di Kebun Raya Sampit bantuan PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Maju Aneka Sawit

Pemerintah daerah bertekad pembangunan Kebun Raya Sampit bisa rampung pada 2021 nanti. Kebun Raya Sampit akan menjadi pusat konservasi tumbuhan kerangas Kalimantan dengan ikon pohon damar Borneo (agathis borneensis warb). Tim ahli menemukan 155 jenis tumbuhan, 23 jenis burung, serta buah-buahan lokal di Kebun Raya Sampit.

Pembangunan Kebun Raya Sampit juga untuk mendukung tekad menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata. Selain itu, Kebun Raya Sampit juga menjadi wadah dan sarana menjaga kelestarian flora dan fauna di daerah ini.

Bantuan pembangunan jalan oleh PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Maju Aneka Sawit sangat berharga bagi percepatan pembangunan Kebun Raya Sampit. Bantuan itu secara otomatis membantu meringankan beban pemerintah daerah.

Sementara itu, General Manager Humas Musim Mas Group, Rusli Salim atau akrab disapa Atong mengatakan, pihaknya senang bisa berpartisipasi dalam pembangunan Kebun Raya Sampit. Sejak dulu hingga sekarang, Musim Mas Group berkomitmen untuk terus membantu pemerintah daerah dan masyarakat melalui berbagai bidang.

"Ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen kami untuk membantu daerah dan masyarakat. Kami berusaha terus membantu sesuai dengan kemampuan kami agar daerah dan masyarakat makin maju," kata Atong.

Musim Mas Group dan anak perusahaannya, membantu pembangunan daerah melalui program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan. Tidak hanya di bidang infrastruktur, bantuan juga diberikan di bidang lain seperti kesehatan, pendidikan, keagamaan dan ekonomi kerayatan untuk menunjang perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat