Tanggul Jebol, Perusahaan Pulpis Diminta Bantu Tangani Banjir

id Pulang Pisau, Tanggul Jebol, Edy Pratowo, Pilkada Pulpis, PBS

Tanggul Jebol, Perusahaan Pulpis Diminta Bantu Tangani Banjir

Banjir kembali menggenangi rumah penduduk di Desa Gandang Barat Kecamatan Maliku, akibat jebolnya tanggul yang menjadi saluran pembuangan utama di daerah setempat. (Ist)

...Tanggul sendiri juga sebelumnya dibuat untuk kepentingan pihak perusahaan,"
Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo meminta kepada perusahaan besar swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit yang ada di Kecamatan Maliku untuk membantu penanganan banjir di Desa Gandang Barat.

"Perusahaan memiliki dana corporate social responsibility (CSR) yang bisa digunakan untuk membantu penanganan perbaikan tanggul yang jebol di daerah tersebut. Tanggul sendiri juga sebelumnya dibuat untuk kepentingan pihak perusahaan," kata Edy Pratowo di Pulang Pisau Selasa.

Edy mengatakan, beberapa tahun sebelumnya banjir juga terjadi akibat permasalahan yang sama. Paling tidak pihak perusahaan juga melakukan penanganan bersama dengan pemerintah setempat dalam mengatasi permasalahan yang timbul dan berdampak pada masyarakat di sekitarnya.

Pemerintah setempat, terang Edy, telah mengalokasikan anggaran tahun 2018 untuk penanganan tanggul di saluran primer tersebut. Sebelum kegiatan bisa dilaksanakan, PBS yang ada di daerah itu diharapkan membantu upaya penanganan sementara.

Selain banjir di Desa Gandang Barat, Edy juga menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap dampak yang ditimbulkan. Berbagai penyakit dapat timbul sewaktu-waktu dari dampak banjir, sehingga SOPD terkait harus bisa mengantisipasi berbagai permasalahan pasca banjir.

Tingginya curah hujan di beberapa wilayah daerah setempat, papar dia, juga mengakibatkan menyebabkan ketinggian air terus bertambah. Para orang tua diminta untuk selalu menjaga anak-anaknya untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan.