Bupati Barito Utara Lantik Pengurus Baznas Periode 2017-2022

id Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Pengurus Baznas

Bupati Barito Utara Lantik Pengurus Baznas Periode 2017-2022

Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat melantik dan mengukuhkan pengurus Baznas Barito Utara, periode 2017-2022 di Muara Teweh, Senin. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Nadalsyah melantik dan mengukuhkan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Barito Utara periode 2017-2022.

Bupati Nadalsyah saat melantik Pengurus Baznas di Muara Teweh, Selasa, mengatakan keberadaan lembaga pemerintah nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama itu merupakan alat bantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam.

Selain itu untuk meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya Kabupaten Barito Utara.

"Zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian. Zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD," katanya.

Bupati menilai saat ini zakat merupakan rukun Islam yang terlantar. Sedangkan rukun Islam yang lain seperti syahadat, shalat, dan puasa sudah mantap, bahkan ada yang puasa daud, apalagi haji, bahkan sampai sekarang sudah ada yang rela menunggu hingga 28 tahun.

Dirinya juga meminta meminta Kantor Kementerian Agama dapat menjadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini.

"Kami sangat menekankan peran penting Kantor Kementerian Agama sebagai motivator menyadarkan masyarakat untuk mengeluarkan zakat. Agar upaya tersebut bisa dilakukan dalam bentuk sosialisasi seminar, pelatihan dan lainnya," kata Nadalsyah.

Ketua Baznas Barito Utara yang baru dilantik dan dikukuhkan, H Jimmy Carter mengucapkan terima kasih kepada Bupati Barito Utara yang telah melantik dan mengukuhkan serta kepercayaan tim verifikasi yang telah memilih pengurus baznas sekarang ini.

"Kami menyadari bahwa kami bukanlah orang yang terbaik dari masyarakat di Kabupaten Barito Utara untuk menangani masalah zakat yang mana pekerjaannya meliputi pengumpulan, penyaluran, pemberdayaan beserta pelaporan, namun karena amanah yang menyangkut kesejahteraan umat maka kami berusaha menjalankan amanah kemanusiaan ini dengan sebaik baiknya dengan semangat tinggi dan penuh tanggung jawab," kata H Jimmy Carter.

Hadir dalam pelantikan dan pengukuhan tersebut Sekda Barito Utara H Jainal Abidin, unsur FKPD, Kepala SOPD lingkup Pemkab Barito Utara, pengurus Baznas Barito Utara dan undangan lainnya.