Palangka Raya Sering Banjir, Pemkot Diminta Cari Solusinya

id DPRD Palangka Raya, Alfian Batnakanti, Banjir, drainase, solusi banjir

Palangka Raya Sering Banjir, Pemkot Diminta Cari Solusinya

Genangan air hujan yang membasahi Kota Palangka Raya meluber hingga membanjiri ruas Jalan Tambun Bungai, Kota Palangka Raya, Rabu (10/1/12). (Foto Antara Kalteng/Maharani L Tobing)

...permasalahan seperti ini sudah tidak asing lagi...
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Alfian Batnakanti meminta kepada pemerintah kota setempat untuk segera mencari solusi yang mengakibatkan sejumlah wilayah yang ada di daerah itu sering mengalami banjir, apabila hujan turun deras. 

"Hal seperti ini sudah sering sekali terjadi, kita berharap instansi terkait di Pemerintah Kota Palangka Raya wajib mencarikan solusinya dari permasalahan ini agar tidak terulang kembali ketika hujan turun deras," kata Alfian Batnakanti di Palangka Raya, Rabu. 

Hujan yang menguyur Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang mengguyur beberapa jam itu, mengakibatkan sejumlah drainase di wilayah kota setempat terendam banjir. 

Kawasan yang tergenang banjir tersebut seperti ruas Jalan Tambun Bungai, Jalan R.A Kartini, Yos Sudarso, Karet, Seth Adji, Tangkasiang serta masih ada beberapa ruas jalan lainnya yang juga tergenang akibat air hujan yang turun lebat.

Legislator dari Partai Gerindra itu juga segera memberitahukan ke pimpinan instansi terkait, agar tahun 2018 ini bisa dilakukan perbaikan sejumlah drainase yang tidak mampu menampung debit air hingga meluber hingga ketengah jalan. 

"Solusinya adalah mencari permasalahannya mengapa drainase tersebut tidak mampu menahan debit air hujan yang turun membasahi wilayah kota. Kalau itu sudah tentunya instansi terkait bisa melihat anggaran yang nantinya akan digunakan melakukan perbaikan sejumlah drainase tersebut," ucap politisi asuhan Prabowo Subianto itu.

Sedangkan Andi warga Jalan Turi, Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut tersebut mengatakan permasalahan seperti ini sudah tidak asing lagi bagi pihaknya. 

"Drainase ditempat saya kecil dan dangkal, saat hujan lebat debit air tak mampu menampung. Akibatnya air yang berada di drainase tersebut meluber ke jalan dan pemukiman rumah warga mengalami kebanjiran," katanya. 

Hal senada juga dilontarkan Yudi warga Jalan Mahir Mahar Km 8 Kelurahan Bukit Tunggal, Jekan Raya meminta agar pemerintah setempat memperhatikan permasalahan tersebut. 

"Setiap kali hujan turun rumah kami tergenang genangan air yang meluap dari drainase di sebelah rumah kami ini," demikian ayah tiga orang anak itu.