Kaum Perempuan Harus Berperan Dalam Pembangunan Gumas

id dprd gumas,perempuan gumas,GOW gumas

Kaum Perempuan Harus Berperan Dalam Pembangunan Gumas

Anggota DPRD Gumas dari kaum perempuan (kiri ke kanan) yakni Elvi Esie, Lily Rusnikasi, Reliana, dan Pancar usai menghadiri kegiatan di GPU Damang Batu Kuala Kurun. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Lily Rusnikasi mengajak kaum perempuan untuk turut berperan dalam pembangunan di wilayah setempat, sehingga diharapkan pembangunan di Kabupaten Gumas dapat berjalan semakin baik dan cepat.

"Kaum perempuan harus ambil bagian dalam pembangunan di wilayah ini," ucapnya saat dibincangi wartawan, usai menghadiri perayaan Natal Gabungan TP PKK, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Kabupaten Gumas di GPU Damang Batu, Kuala Kurun. 

Ia mengatakan, peran tersebut dapat dimulai dari lingkungan rumah tangga, seperti mendidik anak-anak sebagai generasi penerus harapan bangsa, mendampingi suami dalam mengatur perekonomian keluarga, bahkan hingga menyumbangkan tenaga serta pikiran dengan menjadi Kepala Desa (Kades), Camat, Kepala Dinas, atau DPRD.

"Di Kabupaten Gumas sendiri, peran perempuan semakin hari semakin besar dalam pembangunan, mulai dari tingkat desa hingga Kabupaten. Contohnya saja, ada dua perempuan yang menjabat sebagai Kades di wilayah Kabupaten Gumas," katanya.

Selain itu, pada jabatan camat juga ada camat perempuan yakni Rosalia yang menjabat sebagai Camat Sepang. Untuk Kepala Dinas (Kadis), sejumlah perempuan juga menduduki posisi Kadis diantaranya Yemmie sebagai Kadis Perhubungan, Trinawati sebagai Kadis Perikanan, dan Maria Evianti sebagai Kadis Kesehatan.

Di kalangan Dewan, sejumlah kaum perempuan juga sudah ambil bagian. Seperti Ristawati T Alang yang menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Gumas. Lalu Reliana, Pdt Rayaniatie Djangkan, M.Th, Nomi Aprilia, Elvi Esi, Pancar, dan dirinya sendiri sebagai Anggota DPRD Kabupaten Gumas.  

"Kita harapkan ke depan peran perempuan dalam pembangunan di Kabupaten Gumas tercinta dapat semakin meningkat," sebut Legislator yang berasal dari daerah pemilihan 1 yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini.