Polda Kalteng Janji Ungkap Kasus 3,7 Juta Zenith

id Pil Zenith 3,7 juta butir, Direktur Reserse Narkoba Polda Kalteng, Kombes Pol Agustinus Suprianto

Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko bersama sejumlah anggotanya menunjukkan jutaan ribu pil zenith dan dua tersangka (kaos orange) yang berhasil diamankan kepolisian setempat, Jumat (29/12/17). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah bertekat untuk membongkar dalang sekaligus pemilikan 3,7 juta pil zenith yang berhasil diamankan jajaran Polres Kotawaringin Timur beberapa bulan yang lalu.

"Bukti dari keseriusan kita menangani tangkapan 3,7 juta pil zenith, kami berhasil mengamankan tiga orang tersangka yang diduga terkait kasus tersebut," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kalteng Kombes Pol Agustinus Suprianto di Palangka Raya, Jumat.

Tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu berinisial HU, AU dan AB berasal dari Provinsi Banten. Ketiganya diamankan saat berada di gudang yang diduga pembuat pil zenith tersebut.

"Peran tiga tersangka masing-masing seperti pemilik gudang, mengedarkan dan sebagai sopir pengantar obat zenith kepada pemesannya," katanya.

Diamankannya tiga tersangka tersebut berkat usaha anggota selama 234 hari melacak keberadaan mereka. Hingga sampai saat ini pihaknya terus mengembangkan perkara itu, agar menangkap dalang sekaligus pemesan barang haram yang di kirim menuju Kota Palangka Raya dan Kotawaringin Timur.

"Perkara ini juga ditangani Mabes Polri, Polda Banten dan Polres Lebak. Untuk perkara 3,7 juta butir pil zenith Polda Kalteng yang menangani, sedangkan jaringan keterkaitan pemilik obat tersebut ditangani tiga institusi kepolisian yang ada di Banten," ucap Agustinus.

Kemudian itu, mengenai adanya tokoh masyarakat dan ormas Kotim yang akan menggelar demo di Polres Kotim. Agustinus menegaskan kasus pidana seperti ini jangan dipolitisasi.

"Kalau mau audiensi dan membahas masalah penanganan perkara tersebut, saya siap menerangkannya dan sampai mana perkembangannya sudah," kata perwira berpangkat melati tiga itu.

Sementara itu dua sopir truk pengangkut 3,7 juta pil zenit dilepaskan pihak kepolisian. Pasalnya kedua sopir tersebut benar-benar tidak mengetahui barang tersebut yang diangkut di truk yang dikemudikannya itu.

"Dua orang sopir itu nanti kita jadikan saksi dalam perkara ini," demikian dia.


Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar