Legislator Ingatkan Pemda Masyarakat Ingin Layanan Publik Tidak Bertele-tele

id dprd kalteng, HM Fahruddin, Layanan Publik Tidak Bertele-tele

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalteng, HM Fahrudin. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalimantan Tengah mengingatkan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bahwa sampai sekarang ini masyarakat sangat menginginkan pelayanan publik yang cepat dan tidak bertele-tele.

Layanan publik yang selalu diinginkan agar dapat diperbaiki dan dipercepat itu berkaitan dengan kesehatan maupun pembuatan administrasi kependudukan, kata HM Fahruddin, Palangka Raya, Jumat.

"Kita harus mengakui sampai sekarang ini pelayanan terhadap dua hal itu masih terlalu bertele-tele. Kita berharap pelayanan publik diperbaiki agar semakin mudah dan cepat," tambahnya.

Pemprov bersama kabupaten/kota se-Kalteng memiliki tanggung jawab atas penyediaan sarana dan prasarana pelayanan publik, termasuk menindaklanjuti setiap pengaduan masyarakat terkait kurangnya pelayanan yang diberikan.

Fahruddin mengatakan apabila fasilitas dan sumber daya yang ada belum maksimal, maka pemerintah juga akan sulit meningkatkan pelayanan sesuai keinginan. Artinya, upaya peningkatan layanan publik ini harus dipikirkan secara menyeluruh, mulai dari kelengkapan sarana dan prasarananya hingga kemampuan sumber daya manusianya.

"Tentunya kalau ada keluhan masyarakat, ya harus ditindak lanjuti. Apa saja yang menjadi kekurangan, itu yang harus dicari solusinya. Sehingga bisa teru menerus ditingkatkan," ucapnya.

Politisi partai Nasdem ini mengatakan salah satu layanan publik yang cepat dan tidak bertele-tele, yakni layanan dari pihak PT PLN. Perusahaan ini merespons cepat terhadap keluhan para pelanggannya, bahkan ada kontak person khusus yang bisa digunakan untuk menyampaikan berbagai keluhan.

"Apa yang dilakukan pihak PLN ini bisa dicontoh, bagaimana memberi respons dan layanan yang cepat. Intinya citra sebagai pihak yang memberikan layanan harus ditingkatkan. Yang namanya keluhan masyarakat harus dihindari," demikian Fahruddin. 

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar