UNBK SMA Gumas Dibahas Persiapannya

id UNBK,SMA Gumas, Disdik Gumas

UNBK SMA Gumas Dibahas Persiapannya

Ketua MKKS Kabupaten Gumas Suwandi (dua dari kanan), saat memimpin rapat MKKS dengan agenda mempersiapkan UNBK, di SMAN 1 Kurun, Sabtu (13/1). (Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 16 Kepala Sekolah (Kepsek) dan 16 orang operator data pokok pendidikan (dapodik) sekolah mengikuti rapat Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tjilik Riwut Kabupaten Gunung Mas (Gumas), yang dilaksanakan di SMAN 1 Kurun, Sabtu (13/1).


Ketua MKKS Kabupaten Gumas Suwandi mengatakan, rapat yang mereka laksanakan ini untuk membahas persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), mengingat semakin dekatnya pelaksanaan ujian tersebut.


"Ada beberapa hal yang menjadi perhatian serius, seperti fasilitas internet dan komputer yang dimiliki setiap sekolah, khususnya terhadap sekolah yang belum tersentuh fasilitas telekomunikasi dan jaringan listrik," katanya.


Melalui rapat ini, lanjut dia, pihaknya ingin mendengarkan kesiapan dari pihak sekolah dan peserta didik.Kekurangan yang masih ada harus dibenahi, sehingga penyelenggaraan UNBK sukses dilaksanakan.


Sementara itu Kabid SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ahmad Syaifudi mengatakan, dalam pelaksanaan UNBK tersebut, wajib diikuti seluruh sekolah SMA. Disamping itu, setiap sekolah juga harus memahami petunjuk teknis (juknis) pelaksanaannya.


"Agar berjalan sukses, kita minta seluruh sekolah berupaya maksimal untuk memenuhi sarana dan prasarana UNBK. Salah satunya dengan melibatkan orang tua peserta didik dalam pemenuhan komputer/laptop serta genset," katanya. 


Ia menambahkan, di samping itu pihak sekolah juga harus segera melakukan validasi data peserta didik kelas XII pada dapodik.


"Semoga saja ke depan masing-masing sekolah dapat mempersiapkan diri, agar memperoleh hasil yang memuaskan," demikian Ahmad Syaifudi.