Paslon Pilkada Palangka Raya Selesaikan Tes Kesehatan

id KPU Kota Palangka Raya, Wawan Wiraatmaja, Paslon Pilkada Palangka Raya, Tes Kesehatan

Paslon Pilkada Palangka Raya Selesaikan Tes Kesehatan

Sejumlah bakal paslon mengikuti tes kesehatan di RS Doris Sylvanus Palangka Raya. (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengatakan sebanyak delapan pasangan bakal calon yang akan maju di Pilkada kota setempat telah menyelesaikan tahapan tes kesehatan.

"Untuk tes kesehatan para pasangan calon sudah selesai Minggu (14/1) atau selesai lebih cepat sehari dari jadwal hari ini," kata Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Wawan Wiraatmaja, Senin.

Pemeriksaan kesehatan delapan bakal pasangan calon itu meliputi tiga hal, yakni pemeriksaan fisik meliputi ultrasonografi (USG) dan pengambilan darah.

Kedua ialah tes psikologi meliputi wawancara psikiatri hingga tes tulis MMPI (tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa oleh psikiater, seperti gangguan antisosial, seksual dan jenis kejiwaan lainnya).

Pemeriksaan ketiga, para bakal pasangan calon juga harus menjalani tes bebas narkoba yang dipandu langsung oleh tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dia mengatakan, hasil tes kesehatan delapan pasangan calon yang akan maju di bursa pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya akan diserahkan Selasa (16/1) di Kantor KPU Provinsi Kalimantan Tengah.

"Selasa pukul 16.00 WIB rencananya hasil tes kesehatan pada paslon akan diserahkan tim pemeriksa kesehatan kepada KPU Kabupaten/Kota di Kantor KPU Provinsi," kata Wawan.

Selanjutnya usai menerima hasil tes kesehatan tersebut pihak KPU "Kota Cantik" Palangka Raya akan melaksanakan pleno terkait hasil tes serta membahas kelengkapan berkas para Paslon.

"Usai pleno nanti akan kita umumkan hasil tes kesehatan serta akan kita umumkan juga secara langsung kepada Paslon kekurangan berkas agar bisa dilengkapi pada 18-20 Januari," kata Wawan.

Anggota KPU Kota Palangka Raya Divisi Data dan Informasi ini menambahkan bahwa sebelumnya pada Minggu (14/1) pihaknya mengadakan rapat dengan berbagai pihak untuk membahas kelengkapan berkas Paslon.

"Rapat tersebut turut diantaranya dihadiri Kepolisian, Pengadilan Negeri, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama untuk mengecek keaslian berkas pasangan bakal calon," katanya.

Dari delapan pasangan bakal calon yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Kota Palangka Raya 2018 ini, lima bakal paslon berasal dari jalur perseorangan.

Kelimanya ialah pasangan Rusliansyah-Rogas Usup, Rizky Mahendra-Daryana, Dagut-Fitriadi, Yuliustry-Fathul Munir dan Nampung-Budi Santoso.

Sementara itu, tiga bakal Paslon yang diusung koalisi parpol Fairid Naparin-Umi Mastikah, Tuty Dau-Rahmadi HN dan Aries Marcorius Narang-Akhmad Fauzi Bachsin.