BPBD Palangka Raya Terima Bantuan Penanggulangan Karhutla

id Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Bantuan Penanggulangan Karhutla

BPBD Palangka Raya Terima Bantuan Penanggulangan Karhutla

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya menerima bantuan peralatan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) dari BNPB senilai Rp983 juta lebih.

"Dengan realisasi bantuan peralatan penanggulangan Karhutla dan banjir ini saya minta kinerja BPBD dalam penanggulangan bencana semakin maksimal," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Senin.

Bantuan peralatan penanggulangan bencana bernilai Rp983 lebih itu merupakan usulan Pemerintah Palangka Raya pada 2017 yang terealisasi pada awal 2018.

Perlengkapan tersebut terdiri dari lima item utama yakni berupa dua perahu evakuasi, dua unit pompa apung, satu unit pompa karhutla tipe utama dan tipe menengah serta satu unit fleksibel tank.

"Selain bantuan ini, kami juga masih menunggu bantuan peralatan pemadam dan penanggulangan bencana lainnya yang sebelumnya telah diajukan pemerintah kota melalui BPBD kota," kata Mofit di Dinas Pemadam Kebakaran saat memeriksa bantuan perlengkapan dari PNPB.

Di sisi lain, orang nomor dua di lingkup Pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini mengapresiasi upaya penanggulangan karhutla periode 2017.

"Kita sangat mengapresiasi upaya berbagai pihak sehingga pada 2017 lalu jumlah kebakaran di wilayah Kota Palangka Raya minim karhutla," katanya.

Meski demikian, saat ini dia mengajak masyarakat mewaspadai potensi bencana banjir terutama di wilayah pinggiran sungai.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, BPBD Kota Palangka Raya, Henora Koffeno Nahan mengatakan, pihaknya secara khusus memantau tiga lokasi yakni di Kelurahan Petuk Ketimpun, Pahandut Seberang dan Kelurahan Kereng Bangkirai untuk mengetahui perubahan tinggi permukaan air sungai.

"Dalam rangka penambahan perlengkapan penyelamatan, kami juga mendapat bantuan dua perahu karet dan sejumlah jaket pelampung dari BNPB," katanya.

Bantuan perlengkapan penanggulangan bencana dari BPNB yang baru saja diterima sangat membantu dan telah ditunggu-tunggu.