KPU Lamandau Bekali PPDP Mutakhirkan Data Pemilih

id KPU Lamandau,pilkada lamandau,nanga bulik

KPU Lamandau Bekali PPDP Mutakhirkan Data Pemilih

Pengukuhan sekaligus pemberian bimbingan tekhnis kepada PPDP diaula KPU Kabupaten Lamandau, Selasa (16/01/2018). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau melakukan bimbingan teknis kepada Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018. 

Ketua KPU Kabupaten Lamandau Daang Padoma di Nanga Bulik, Selasa, mengatakan bimbingan ini diberikan agar membantu untuk pemuktahiran data pemilih sekaligus petugas yang membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa.

"Pemuktahiran data pemilih merupakan petugas yang membantu PPS untuk tingkat desa dalam melakukan pemuktahiran data masyarakat yang dikategorikan sebagai pemilih," tambahnya.

Daang juga menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 17 Januari 2018 ini dihadiri oleh seluruh petugas PPDP dan PPS Kecamatan yang terdiri dari anggota PPDP sebanyak 33 orang dan PPS berjumlah 23 orang.

"Petugas yang akan diterjunkan bukan hanya sekedar mendata jumlah pemilih aktif, tapi juga pemilih pemula yang telah berumur 17 tahun pada tahun 2018 ini serta melakukan pemuktahiran data khusus untuk pemilih pindah domisili dan masyarakat yang telah meninggal dunia," ujarnya.

Pelaksanaan bimbingan tekhnis ini juga selain mensosialisasikan tugas dan fungsi dari PPDP untuk membantu pemuktahiran data pemilih dalam melakukan pencocokan data, dan memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih dan menempelkan tanda khusus kepada setiap rumah-rumah pemilih.

"Tindak lanjut dari hasil kegiatan pelaksanaan bimbingan teknis ini nantinya, kepada PPDP yang akan bertugas agar dapat menghimpun data yang akurat dari pemilih, sehingga dapat dilaporkan sebagai daftar pemilih tetap," demikian Daang.